IMPLEMENTASI MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD WIDYA USAHA SLEMAN DIY

Rika Yulianah, NIM.: 15430080 (2022) IMPLEMENTASI MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD WIDYA USAHA SLEMAN DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap penerapan perkembangan motorik halus pada anak usia dini. Bayi dilahirkan dengan kemampuannya masing-masing. Bantuan orang tua dan orang sekitarnya, aspek perkembangan pada anak menjadi terbentuk. Kebiasaan orang tua umumnya, bayi akan diajarkan untuk mengembangkan motorik kasar, seperti tengkurap, merangkak, dan berjalan. Stimulasi motorik halus pada anak dapat dikembangkan melalui berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan media. Media quiet book salah satu media dari berbagai media lainnya. Peneliti sangat tertarik bagaimana cara guru menggunakan media quiet book dalam mengembangkan motorik halus pada anak usia dini khususnya anak usia 4-5 tahun.Tujuan dari penelitian adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana implementasi media quiet book untuk mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Widya Usaha Sleman DIY, 2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media quiet book untuk mengembangkan motorik halus anak 4-5 tahun di PAUD Widya Usaha Sleman DIY. Adapun subjek dari penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas B, dan anak usia 4-5 tahun di PAUD Widya Usaha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Objek penelitian ini adalah implementasi media quiet book pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Widya Usaha Sleman Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi media quiet book untuk mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 di PAUD Widya Usaha Sleman DIY menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa otot-otot kecil anak mampu dilatih dalam kegiatan menggenggam benda, menyusun puzzle, mengancing, menarik benda, dan menali. (2) Faktor pendukung pada penelitian ini yaitu kemampuan anak mudah memahami pada saat demonstrasi media quiet book, dan minat belajar anak sangat tinggi. Pada penelitian ini yang menjadi penghambat dalam implementasi media quiet book anak usia 4-5 tahun di PAUD Widya Usaha Sleman DIY yaitu kondisi kelas yang tidak kondusif, serta sarana dan prasarananya terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd. I. , M.A
Uncontrolled Keywords: prasekolah; minat belajar; gerakan; motorik halus
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jan 2023 13:39
Last Modified: 16 Jan 2023 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum