RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM MONITORING DAN STUDI IN SILICO KERAGAMAN GEN PENYANDI ENZIM SELULASE DARI FUNGI SELULOLITIK FILAMENTOSA

Lutviah Rizqi Azi, NIM.: 15640007 (2022) RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM MONITORING DAN STUDI IN SILICO KERAGAMAN GEN PENYANDI ENZIM SELULASE DARI FUNGI SELULOLITIK FILAMENTOSA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI IN SILICO KERAGAMAN GEN PENYANDI ENZIM SELULASE DARI FUNGI SELULOLITIK FILAMENTOSA)
15640007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI IN SILICO KERAGAMAN GEN PENYANDI ENZIM SELULASE DARI FUNGI SELULOLITIK FILAMENTOSA)
15640007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Selulosa di alam tersedia dalam jumlah yang sangat besar dan belum banyak dimanfaatkan. Limbah hasil pertanian merupakan salah satu suplai selulosa terbanyak di Indonesia. mengingat semakin sedikitnya jumlah bahan bakar fossil yang tersedia di alam, Pemanfaatan selulosa dari limbah hasil pertanian sebagai sumber bahan baku dalam pembuatan biofuel menjadi peluang yang sangat besar dalam dunia industri. Dilakukan penelitan secara in silico untuk mengetahui karakteristik pI, MW dan Solubilitas enzim selulase dari beberapa spesies fungi selulolitik melalui perangkat lunak MegaX untuk melihat keragaman gen dan tingkat kekerabatan/similaritas sekuens gen penyandi enzim selulase, website Expasy untuk mengetahui titik isoelektrik dan berat molekul, serta website ccsol omics untuk mengetahui nilai solubiltas enzim. Spesies fungi selulolitik filamentosa yang digunakan adalah Aspergillus niger, Rhizopus stolonifer, Melanocarpus albomyces, Filobasidiella neoformans, dan Orpinomyces. Hubungan kekerabatan gen penyandi enzim selulase berdasarkan analisis pohon filogenetik menunjukkan bahwa spesies Aspergillus stolonifer dan spesies Melanocarpus albomyces memiliki tingkat homologi yang tinggi dengan nilai bootstrap 93, sedangkan enzim selulase dari spesies lain diduga memiliki karakter berbeda-beda dan belum dapat ditentukan tingkat similaritasnya satu sama lain disebabkan oleh nilai bootstrap yang rendah. Dari hasil penelitian diperoleh nilai pI antara 4.0-.61, MW antara 1586.89-3094.18 serta Solubilitas paling rendah 1% dan paling tinggi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jumailatus Solihah, S.Si., M.Biotech.
Uncontrolled Keywords: pertanian; limbah; fungi selulolitik; pI; MW; solubilitas
Subjects: Biologi
Pertanian
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jan 2023 13:53
Last Modified: 16 Jan 2023 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum