SIKAP MEDIA MASSA TERHADAP KASUS PIMPINAN KPK BIBIT SAMAD RIANTO DAN CHANDRA M. HAMZAH (ANALISIS WACANA KRITIS TAJUK RENCANA KOMPAS EDISI NOVEMBER 2009)

Abdul Muizzu, NIM.: 04210112 (2011) SIKAP MEDIA MASSA TERHADAP KASUS PIMPINAN KPK BIBIT SAMAD RIANTO DAN CHANDRA M. HAMZAH (ANALISIS WACANA KRITIS TAJUK RENCANA KOMPAS EDISI NOVEMBER 2009). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIKAP MEDIA MASSA TERHADAP KASUS PIMPINAN KPK BIBIT SAMAD RIANTO DAN CHANDRA M. HAMZAH (Analisis Wacana Kritis Tajuk Rencana Kompas Edisi November 2009))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SIKAP MEDIA MASSA TERHADAP KASUS PIMPINAN KPK BIBIT SAMAD RIANTO DAN CHANDRA M. HAMZAH (Analisis Wacana Kritis Tajuk Rencana Kompas Edisi November 2009))
BAB II, BAB III, BAB IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kompas merupakan surat kabar nasional yang didirikan oleh P.K Ojong. Sebagai surat kabar nasional, distribusi Kompas telah merambah setidaknya sampai di semua kabupaten di seluruh Indonesia. surat kabar yang bertujuan untuk berpartisipasi membangun masyarakat Indonesia baru ini sering dianggap sebagai surat kabar yang menjunjung tinggi nasionalisme. Dalam pemberitaanya, kompas memuat berbagai kolom. Tajuk rencana adalah salah satu kolom yang memuat sikap kompas dalam menyikapi berita paling aktual (headline news) atau tema yang dipilih berkaitan dengan fenomena sosial, ekonomi, budaya maupun politik. Dalam kasus Bibit-Chandra, kompas merupakan salah satu media yang meliput kasus tersebut dari hari ke hari. Terkait dengan sikapnya terhadap Bibit- Chandra tergambar dalam tajuk rencana, yang pada bulan November 2009, banyak berbicara tentang kasus Bibit-Chandra. Bisa disebutkan bahwa pada bulan tersebut sebagian besar tajuk rencana kompas bersinggungan dengan kasus Bibit- Chandra. Hemat penulis, harian berkaliber nasional dan konsisten memotret kasus Bibit-Chandra inilah yang menjadikan kompas layak untuk diteliti. Dalam konteks ini, penulis berusaha menguraikan sikap kompas terkait kasus Bibit-Chandra. Dari sinilah diteliti beberapa tajuk rencana yang dimuat kompas di bulan November. Dalam meneliti sikap kompas tersebut, dilakukan penelitian bersifat kepustakaan (library research) dengan analisis bahasa kritis model Theo van Leeuwen sebagai alat analisis. Alat analisis ini dipakai untuk menemukan konstruksi teks dalam tajuk rencana yang diteliti, tertama dalam menggambarkan sikap kompas dalam menyoroti kasus Bibit-Chandra tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahsa sikap kompas adalah cenderung mendukung Bibit dan Chandra dari pada Polri atau Kejaksaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis teks yang dilakukan. Dari 11 tajuk rencana yang diteliti, delapan di antaranya menunjukkan keberpihakan kompas pada Bibit dan Chandra, dan tiga di ataranya bersifat tidak mendukung (Unfavourable). Sikap kompas ini tidak bisa dilepaskan dari konteks, historisitas, dan ideologi yang diusung oleh media tersebut. Dari sisi konteks, sikap kompas tidak bisa dilepaskan dari karakternya sebagai media, tujuannya untuk meredam konflik demi stabilitas nasional, apresiasi dukungan massa pada Bibit-Chandra, dan konteks kebangsaan. Dari sisi historis, sikap kompas tidak terlepas dari adanya perseteruan KPK dan Polri, terjadinya krisis kepercayaan publik, serta kultur media. Dan dari sisi ideologi, sikap kompas ini bisa dilihat sebagai pengukuhan ideologi fungsionalisme structural. Akhirnya, penulis berharap penggunaan alasisis wacana kritis dalam berbagai studi teks bisa lebih banyak dilakukan. Selain itu, karena tidak ada satupun teks yang benar-benar netral, maksudnya lepas dari subjektivitas penulisnya, maka sikap kritis diperlukan untuk melihat berbagai teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd dan Ristiana Kadarsih, S.Sos., MA
Uncontrolled Keywords: Surat Kabar, Kompas, Media Massa
Subjects: Komunikasi Sosial
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 13:53
Last Modified: 19 Jan 2023 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum