PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF GENDER (STUDI PADA KELUARGA PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DI TPS NOLOGATEN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Agustina Ayu Anggraini, NIM.: 16250079 (2022) PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF GENDER (STUDI PADA KELUARGA PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DI TPS NOLOGATEN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF GENDER (STUDI PADA KELUARGA PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DI TPS NOLOGATEN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
16250079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF GENDER (STUDI PADA KELUARGA PEREMPUAN PENARIK GEROBAK SAMPAH DI TPS NOLOGATEN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
16250079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena perempuan penarik gerobak sampah merupakan salah satu bentuk perubahan sosial di mana masyarakat menerima perempuan bekerja di sektor yang selama ini dikuasai atau didominasi laki-laki. Masalah yang sering terjadi adalah adanya beban ganda yang diterima kaum perempuan karena tetap mengerjakan pekerjaan domestik, padahal telah bekerja juga di ranah publik. Sebenarnya pekerjaan atau partisipasi yang dilakukan oleh perempuan tersebut, bukan hanya menuntut untuk menyamakan hak tetapi juga ingin menyatakan fungsinya dalam pembangunan. Namun dalam realisasinya, banyak masalah yang terjadi di masyarakat terutama pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman dari konsep gender di rumah tangga atau dalam masyarakatnya sendiri. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perspektif gender membaca fenomena perempuan penarik gerobak sampah di TPS Nologaten. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada perempuan penarik gerobak beserta keluarga di TPS Nologaten dengan informan 3 keluarga beserta narasumber lainnya. Sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 14 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan penarik gerobak sampah di TPS Nologaten yang sebenarnya telah bekerja di ranah publik masih harus menyelesaikan tugasnya di ranah domestik. Hal tersebut membuat perempuan mengalami ketidakadilan gender yakni beban ganda, yang dapat dilihat dari akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat yang diperoleh perempuan penarik gerobak sampah tersebut. Akses yang diperoleh perempuan meliputi pembagian tugas rumah tangga, pengasuhan anak kebanyakan kaum perempuan yang tetap memegang andil besar dalam urusan tersebut terutama dapur. berbeda dengan suami yang membantu jika diminta atau memang tanggung jawabnya seperti mengantar anak kesekolah dan mencari nafkah untuk keluarganya Adapun kontrol dari ketiga narasumber sama untuk mengatur keuangan tetap kaum perempuan namun dalam pengawasan pihak laki-laki. Adapun partisipasi aktif yang ditunjukan oleh ketiga narasumber, meskipun mereka sudah bekerja masih menyempatkan untuk tetap berorganisasi di masyarakat dengan mengharapkan ada dukungan dari anak dan suami terkait kegiatannya tersebut. Adapun manfaat yang didapatkan dari ketiga narasumber ini diharapkan mampumemberikan pelatihan tersendri dalam berorganisasi serta untuk mencukupi kesehariannya dalam perekonomian, dan mampu digunakan sebijak mungkin dalam pengelolaan serta pemanfaatan yang baik untuk keluarganya sehingga apa yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi semua baik masyarakat maupun keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Perspektif Gender, Beban Ganda
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 05:43
Last Modified: 24 Jan 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum