STRATEGI BERTAHAN PETERNAK SAPI DITENGAH MODERNISASI KAMPUNG: STUDI KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI MULYO DI BROMONILAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

Wahyu Hidayanto, NIM.: 17102030040 (2022) STRATEGI BERTAHAN PETERNAK SAPI DITENGAH MODERNISASI KAMPUNG: STUDI KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI MULYO DI BROMONILAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERTAHAN PETERNAK SAPI DITENGAH MODERNISASI KAMPUNG: STUDI KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI MULYO DI BROMONILAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
17102030040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERTAHAN PETERNAK SAPI DITENGAH MODERNISASI KAMPUNG: STUDI KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI MULYO DI BROMONILAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
17102030040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Bertahan Peternak Sapi Ditengah Modernisasi Kampung: Studi Kelompok Ternak Sapi Ngudi Mulyo di Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Sleman”. Peternakan sapi menjadi sumber penghasilan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan kedudukannya sangat penting. Dalam rangka mengembangkan peternakan dalam negeri, perlu strategi khusus yang diterapkan supaya kegiatan beternak berhasil. Strategi peternak sapi dapat dikategorikan berhasil jika telah memberikan kontribusi pendapatan, bisa memenuhi kebutuhan hidup peternak sehari-hari. Transformasi perubahan kampung kearah modern biasa disebut dengan modernisasi kampung. Perubahan ini berdampak pada peternakan masyarakat yang ada di lingkungan rumah warga, karena modernisasi tersebut membawa dampak positif dan negatif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan strategi bertahan yang dilakukan Kelompok ternak sapi Ngudi Mulyo dalam menghadapi modernisasi kampung di Dusun Bromonilan, serta mendeskripsikan dampak yang dirasakan masyarakat Dusun Bromonilan. Penelitian ini menggunakan teori Stavros, Cooperrider, dan Kelly tentang analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results) dan penelitian dilapangan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah Kepala Dusun Bromonilan, Ketua kelompok ternak sapi Ngudi Mulyo, anggota kelompok ternak, dan masyarakat non anggota Dusun Bromonilan. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana strategi bertahan yang dilakukan kelompok ternak sapi Ngudi Mulyo dalam menghadapi modernisasi kampung di Dusun Bromonilan dan bagaimana dampak yang dirasakan masyarakat. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklarifikasi sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Hasil penelitian menunjukkan, strategi bertahan peternak sapi Ngudi Mulyo dalam menghadapi modernisasi kampung di Dusun Bromonilan, yaitu melalui Penguatan Kelembagaan kelompok Ternak, Peningkatan Kapasitas SDM Anggota Kelompok Ternak, Modal dan Manajemen Pendanaan Kelompok Ternak, dan Pengendalian Harga dan Pemasaran Ternak Sapi. Terkait dampak yang dirasakan Masyarakat Dusun Bromonilan adalah Dampak lingkungan yang lebih bersih dan kehidupan yang lebih sehat, Dampak perekonomian masyarakat Dusun Bromonilan yang semakin meningkat, Dampak meningkatnya kesejahteraan sosial masyarakat Dusun Bromonilan, lingkungan masyarakat sudah menjadi lebih bersih dan sehat, serta masyarakat merasakan pendapatan ekonomi yang semakin meningkat, sehingga kehidupan di masyarakat menjadi sejahtera dan tercipta kehidupan gotong-royong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Modernisasi Kampung, Kelompok Ternak Sapi, Masyarakat Desa
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 14:38
Last Modified: 24 Jan 2023 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum