EKSISTENSI OBJEK WISATA RELIGI MAKAM SYEKH QURO (STUDI DAMPAK DAN PERKEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT) DESA PULOKALAPA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG

Afifuddin Noor, NIM.: 17102030048 (2022) EKSISTENSI OBJEK WISATA RELIGI MAKAM SYEKH QURO (STUDI DAMPAK DAN PERKEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT) DESA PULOKALAPA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI OBJEK WISATA RELIGI MAKAM SYEKH QURO (STUDI DAMPAK DAN PERKEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT) DESA PULOKALAPA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG)
17102030048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI OBJEK WISATA RELIGI MAKAM SYEKH QURO (STUDI DAMPAK DAN PERKEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT) DESA PULOKALAPA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN KARAWANG)
17102030048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan sebuah harapan Negara Indonesia untuk menjadikan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Wisata religi makam Syekh Quro yang berada di kampung Pulobata Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang, yang selalu ramai pengunjung dari beberapa daerah yang mengunjungi objek wisata religi Makam Syekh Quro ini, pada hari Jumat malam sabtu yang disebut oleh kalangan para peziarah yaitu "sabtuan". Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana dilakukan secara langsung turun ke lapangan dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga data yang didapatkan di lapangan akan dideskripsikan sesuai temuan yang ada di Makam Syekh Quro Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini wisata religi makam Syekh Quro dalam menjaga bentuk ke eksistensinya masih eksis di kalangan masyarakat umum, yang tidak lepas dari peranan pihak pengelola makam Syekh Quro, hal ini dengan adanya objek wisata religi Makam Syekh Quro memberikan suatu perubahan dalam segi perkembangan ekonomi masyarakat sekitar yang dapat melakukan aktivitas ekonomi di sekitar kawasan objek wisata, dengan adanya wisata religi di Desa Pulokalapa ini menimbulkan dampak positif seperti membuka lapangan pekerjaan dan menciptakan ekonomi kreatif, serta masyarakat mengalami peningkatan ekonomi. Dampak negatifnya banyaknya sampah yang berserakan di areal kawasan wisata serta adanya rasa kecemburuan sosial antara masyarakat dan pihak pengelola dan adanya bentuk peta perpolitikan Desa Pulokalapa yang menjadikan sekat yang berkubu golongan. Selain itu terdapat dampak negatif lainnya diantaranya: pola budaya, investasi, perawatan, perkembangan yang pesat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Beti Nur Hayati, M.A.
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi, Makam Syekh Quro, Ekonomi Masyarakat
Subjects: Industri Pariwisata
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 14:42
Last Modified: 24 Jan 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum