IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020

Shabrina Uswa Bella Haq, NIM.: 17102040101 (2022) IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020)
17102040101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020)
17102040101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kabupaten Sleman merupakan instansi pemerintah dibawah naungan Kementerian Agama atau Kemenag yang tentunya perlu memenuhi tuntutan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bersifat jasa. Pelayanan yang diberikan oleh Seksi PHU Kemenag Kabupaten Sleman antara lain adalah pelayanan administrasi haji yang meliputi pelayanan pendaftaran haji, pelayanan pendaftaran pelunasan, dan pelayanan pembatalan pendaftaran ibadah haji. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pelayanan administrasi di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Tahun 2020 dan bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi input, proses dan hasil untuk mengkaji masalah serta mengetahui solusi agar pelayanan administrasi dapat lebih baik lagi kedepannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Respoden dalam penelitian ini yaitu kepala dan staf Penyelenggara Haji dan umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, dan juga jemaah yang mendaftar haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Tahun 2020. Dari hasil penelitian, pelayanan administrasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman berjalan sesuai Keputusan Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah dan juga Undang-undang haji serta Peraturan Menteri Agama yang berlaku, tetapi masih ada beberapa kendala dan permasalahan yang terjadi, namun pelayanannya sudah cukup baik dengan adanya staff yang berlatar belakang pendidikan yang tinggi dan berpengalaman yang cukup. Oleh karena itu, peneliti ingin lebih lanjut mengetahui apa saja permasalahan atau hambatan yan terjadi dan bagaimana solusi yang dilakukan saat proses pelayanan administrasi haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrasi, Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Slema
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 14:45
Last Modified: 24 Jan 2023 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum