PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS INKLUSIF DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Aprilia Devi Eka Permatasari, NIM.: 18107020063 (2022) PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS INKLUSIF DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS INKLUSIF DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18107020063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS INKLUSIF DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18107020063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi mahasiswa merupakan kontribusi yang sangat penting untuk terwujudnya kampus inklusif di UIN Sunan Kalijaga. Peran seluruh warga kampus terutama mahasiswa untuk membantu difabel dalam memberikan akses di perkulihan sangat dibutuhkan. Setiap mahasiswa tentu memiliki cara masing-masing untuk berpartisipasi dalam kampus inklusif. Penelitian ini memiliki tujuan adalah untuk mengetahui partisipasi mahasiswa dalam mewujudkan kampus inklusif di UIN Sunan Kalijaga. Subjek penelitian adalah mahasiwa yang berjumlah 100 orang dari berbagai fakultas di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teori dalam penelitian ini adalah teori partisipasi yang disampaikan Roger. Menurut Roger terdapat lima stimulus atau faktor seseorang berpartisipasi yaini awareness, interest, evaluation, trial, dan adoption. Dalam hal ini, metode penelitiannya adalah metode kuantitatif survei. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada mahasiswa dalam bentuk google form dan disebarkan melalui WhatApp. Metode analisis yang menggunakan uji deskriptif dan uji linier sederhana dengan mengguanakn aplikasi SPSS versi 25 for windows. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa : 1. Indikator awareness dalam variabel partisipasi mahasiawa memiliki pengaruh terhadap perwujudan kampus inklusif sebesar 13,1%, nilai sig 0,000 (<0,05); 2. Indikator interest dalam variabel partisipasi mahasiawa memiliki pengaruh terhadap perwujudan kampus inklusif sebesar 17,2% nilai sig 0,000 (<0,05); 3. Indikator evaluation dalam variabel partisipasi mahasiawa memiliki pengaruh terhadap perwujudan kampus inklusif sebesar 23,2%, dengan nilai sig 0,000 (<0,05); 4. Indikator trial dalam variabel partisipasi mahasiawa memiliki pengaruh terhadap perwujudan kampus inklusif sebesar 16,8, dengan nilai sig 0,000 (<0,05); 5. Indikator adoption dalam variabel partisipasi mahasiawa memiliki pengaruh terhadap perwujudan kampus inklusif sebesar 16,6%, dengan nilai sig 0,000 (<0,05). Berdasarkan analisis menggunakan teori partisipasi dapat diketahui bahwa partisipasi mahasiswa berpengaruh terhadap pewujudan kampus inklusif di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pembimbing Dr. Astri Hanjarwati S. Sos., MA
Uncontrolled Keywords: PLD; Perguruan Tinggi Islam; partisipasi mahasiswa, kampus inklusif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jan 2023 10:23
Last Modified: 25 Jan 2023 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum