Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran AIK melalui Strategi Student Centered Learning. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta).

Sekar Ayu Aryani, - and Muhammad Yusup, - and Ahmad Asroni, - and Waston, - (2022) Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran AIK melalui Strategi Student Centered Learning. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). Project Report. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran AIK melalui Strategi Student Centered Learning. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta).)
Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pe.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pendekatan SCL yang diterapkan dalam pembelajaran AIK dapat berpengaruh terhadap tingkat moderasi beragama Guru dan siswa/ siswi SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama berupa Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Sementara siklus kedua berupa Pendalaman melalui wawancara dan FGD, kemudian dilakukan analisis akhir dan penyusunan laporan. Tahap Perencanaan diisi dengan FGD persiapan PTK dan pembuatan Instrumen penelitian, dilanjutkan dengan Tindakan berupa Workshop dua hari bagi guru-guru AIK SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang didahului dengan pre tes untuk mengukur tingkat moderasi beragama dan pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah tahap Observasi yang dilakukan peneliti yang bertujuan melakukan pemantauan (Monitoring) terhadap pembelajaran AIK setelah dilakukan Tindakan berupa Workshop SCL melalui pembelajaaran aktif (Active Learning). Tahap berikutnya adalah Refleksi yaitu berupa analisis terhadap berbagai temuan dalam tahap observasi kelas termasuk mencoba memahami berbagai kendala atau hambatan dan juga dukungan dalam penerapan SCL melalui pembelajaran aktif dalam pembelajaran AIK. Setelah siklus pertama selesai dilanjutkan dengan siklus kedua yang berupa Pendalaman terhadap apa yang ditemukan pada siklus pertama. Pendalaman dilakukan dengan menggunakan wawancara dan FGD dengan semua yang terlibat dalam pembelajaran baik guru, siswa/ siswi juga pimpinan sekolah. Sebelum pendalaman dilakukan peneliti meminta para guru AIK yang terlibat dalam PTK ini untuk mengisi pos tes. Hasil pendalaman dan juga postes kemudian dilakukan analisis akhir untuk kemudian hasilnya disusun menjadi laporan. Penelitian ini menghasilkan temuan: Pertama, tingkat moderasi beragama guru AIK SMP Muh 8 Surakarta sebelum PTK secara umum cukup tinggi. Meski ada sebagian kecil oknum berdasar pretes potensial memiliki tingkat moderasi rendah. Kedua, proses pembelajaran AIK dengan menggunakan pendekatan SCL terbukti mampu meningkatkan antusiasme siswa, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran lebih aktif dan demokratis. Pembelajaran aktif ini pada gilirannya dapat mengurangi dominasi guru yg potensial dapat membawa pada tindakan indoktrinasi. Ketiga, tingkat moderasi beragama guru AIK setelah PTK memperlihatkan kecenderungan menguat terlebih sebagian guru menjadi sangat percaya diri dengan cara meningkatkan moderasi beragama siswa melalui pembelajaran aktif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Student Centered Learning, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Subjects: Moderasi Beragama
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:23
Last Modified: 25 Jan 2023 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum