OVERLOAD PENUMPANG BUS ANGKUTAN ANTARKOTA DALAM PROVINSI TRAYEK CILACAP-PURWOKERTO (Studi Perspektif Fikih Muamalah dan Hukum Positif)

Khandika, NIM.: 16380022 (2022) OVERLOAD PENUMPANG BUS ANGKUTAN ANTARKOTA DALAM PROVINSI TRAYEK CILACAP-PURWOKERTO (Studi Perspektif Fikih Muamalah dan Hukum Positif). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OVERLOAD PENUMPANG BUS ANGKUTAN ANTARKOTA DALAM PROVINSI TRAYEK CILACAP-PURWOKERTO (Studi Perspektif Fikih Muamalah dan Hukum Positif))
16380022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OVERLOAD PENUMPANG BUS ANGKUTAN ANTARKOTA DALAM PROVINSI TRAYEK CILACAP-PURWOKERTO (Studi Perspektif Fikih Muamalah dan Hukum Positif))
16380022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Menteri Nomor 32 tahun 2016 Tentang Angkutan Umum telah mengatur tentang batas maksimal penumpang bus sesuai dengan berat maksimum beban yang dapat ditampung. Untuk bus yang tergolong dalam bus menengah atau 3/4 idealnya berjumlah 29 kursi. Namun dalam praktiknya di Cilacap, bahwa terdapat bus AKDP kelas ekonomi trayek Cilacap-Purwokerto yang tergolong dalam bus menengah atau 3/4 menaikkan penumpang ke dalam bus antara 35-40 penumpang. Tindakan sopir yang menyebabkan overload penumpang tidak sesuai dengan standar angkutan umum dan undang-undang yang berlaku. Untuk itu, penelitian ini membahas mengenai; pertama, bagaimana praktik overload bus AKDP trayek Cilacap – Purwokerto, kedua, bagaimana tinjauan fikih muamalah dan hukum positif terhadap praktik overload bus AKDP trayek Cilacap – Purwokerto. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif-analitik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu wawancara kepada pengelola terminal, pengelola perusahaan otobus (PO), supir, kernet, dan penumpang. Kemudian, sumber data sekunder yaitu, dokumentasi berupa laporan, catatan, transkip, buku dan yang berhubungan dengan praktik overload bus AKDP trayek Cilacap – Purwokerto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis, analisis data kualitatif dengan metode induktif, serta menggunakan teori fikih muamalah dan hukum positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik overload bus AKDP trayek Cilacap – Purwokerto tidak sejalan dengan fikih muamalah, karena melaksanakan mafsadat yang lebih besar, dan terdapat juga syarat akad yang belum terpenuhi, yaitu kabul tidak sesuai dengan ijab, di mana penyedia jasa bus yang tidak mengantarkan penumpang sesuai dengan akad di awal. Kemudian, Praktik overload bus AKDP kelas ekonomi trayek Cilacap - Purwokerto juga tidak sejalan dengan dengan asas-asas yang terdapat di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Kemudian, terdapat upaya-upaya sudah dilakukan Dinas Perhubungan untuk menindak pelanggaran overload bus AKDP trayek Cilacap-Purwokerto yaitu dengan memberikan surat teguran kepada PO. Bus tersebut, dan menurut Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 277, sanksi bagi pelanggar over dimensi diancam pidana kurungan 1 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Hamim Ilyas,M,Ag.
Uncontrolled Keywords: hukum pengangkutan dan angkutan; Bus AKDP; perlindungan konsumen; hukum positif
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jan 2023 10:27
Last Modified: 26 Jan 2023 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum