PEMBANGUNAN WISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KAWASAN BUDAYA KARANGKITRI DI DESA PANGGUNGHARJO: KONSEP DAN BENTUK IMPLEMENTASI

Muhammad Faiz Miftahudin, NIM.: 18102030019 (2022) PEMBANGUNAN WISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KAWASAN BUDAYA KARANGKITRI DI DESA PANGGUNGHARJO: KONSEP DAN BENTUK IMPLEMENTASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBANGUNAN WISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KAWASAN BUDAYA KARANGKITRI DI DESA PANGGUNGHARJO: KONSEP DAN BENTUK IMPLEMENTASI)
18102030019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBANGUNAN WISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KAWASAN BUDAYA KARANGKITRI DI DESA PANGGUNGHARJO: KONSEP DAN BENTUK IMPLEMENTASI)
18102030019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan sosial terutama di wilayah pedesaan. Pembangunan pariwisata berbasis kawasan budaya Karangkitri di Panggungharjo adalah bentuk konkrit dari pelestarian Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul yang merupakan salah satu daerah di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi pariwisata cukup besar dan terus berupaya mengembangkan pariwisatanya. Salah satunya yaitu embung Julantoro yang terletak di tengah pemukiman penduduk, tepatnya di Kampung Karangnongko, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Wisata embung Julantoro yang akan dikembangkan memiliki daya tarik alam yang dapat dijadikan aset kehidupan bagi masyarakat desa. Selain itu, pengembangan wisata yang dikontemporerkan dengan budaya dimasa sekarang akan lebih diminati dengan memperlihatkan suasana yang lebih menonjolkan kearifan lokal, sehingga bisa menjadi penunjang kesejahteraan masyarakat. Atas dasar ini, tujuan penelitian ini dilakukan untuk memahami konsep, bentuk, dan implementasi pembangunan wisata berkelanjutan berbasis kawasan budaya Karangkitri di Desa Panggungharjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan case study yang berupaya untuk menjelaskan makna dari pengembangan desa wisata berbasis best-practice yang dilakukan oleh masyarakat desa Panggungharjo. Adapun dalam menentukan dan mengumpulkan informan penelitian ini menggunakan prosedur observasi, wawancara, dokumentasi, dan data sampling. Lokasi penelitian berada di Sawit, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu: konsep yang digunakan untuk pengembangan pariwisata berbasis kawasan budaya Karangkitri ini lebih mengarah pada pemeliharaan aset budaya lokal dan konservasi lingkungan. Pada konteks ini, konsep dalam pembangunanya lebih mengedepankan adanya aktivitas budaya, sistem kesenian, mata pencaharian, teknologi, komunikasi, sosial, sistem lingkungan, tata ruang, dan arsitektur dengan mengaktualisasikan kekayaan potensi kebudayaan dan mengonversikan kekayaan budaya yang dimilikinya. Sementara itu, bentuk dan implementasi dari kawasan budaya Karangkitri sendiri didasari dari beberapa aspek penting dalam pembangunannya yaitu: konservasi/pelestarian alam dan budaya, pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat lokal, pembelajaran dan pendidikan, serta rekreasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Izudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Sosial, Pariwisata, Pelestarian Budaya
Subjects: Industri Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:35
Last Modified: 27 Jan 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum