PESANTREN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SURONATAN

Padmasari Nabilah, NIM.: 18102030031 (2022) PESANTREN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SURONATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESANTREN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SURONATAN)
18102030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PESANTREN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT SURONATAN)
18102030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu usaha dalam memajukan suatu negara. Dalam melakukan suatu pembangunan dapat dipastikan memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu pembangunan yang ada di Indonesia ini adalah sekolah. Sekolah merupakan usaha pembangunan dibidang pendidikan. Pendidikan yang banyak berkembang saat ini adalah pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan sekolah yang menggunakan sistem asrama dalam metode pembelajarannya. Hadirnya usaha pondok pesantren dimasyarakat tentu dapat memberikan dampak kepada masyarakat sekitarnya. Salah satu pondok pesantren yang ada adalah Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Madrasah Mu'allimaat memiliki asrama yang tersebar di kampung masyarakat Suronatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kehadiran Madsrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terhadap pertumbuhan ekonomi Masyarakat Suronatan.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik penentuan informan purposive sampling dalam penentuan kriteria informan. Serta teknik analisa data yang dipakai adalah wacana/isi kualitatif (Disccourse Analysis). Hasil yang didapatkan peneliti adalah Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dapat memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Masyarakat Suronatan. Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta ini mampu menghadirkan massa yang banyak berupa santri yang tinggal diasrama. Dari jumlah santri yang banyak dan kebutuhan yang beraneka ragam, dapat memberikan peluang bagi masyarakat Suronatan. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Masyarakat Suronatan dalam bentuk usaha ekonomi. Sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Suronatan. Namun dari hadirnya Mu’allimaat ini juga berdampak pada ketergantungan masyarakat dalam hal ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiatun, M.A., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Pondok Pesantren, Madrasah Mu'allimaat, Suronatan.
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:42
Last Modified: 27 Jan 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum