STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI SIBAKUL JOGJA OLEH DINAS KOPERASI DAN UKM YOGYAKARTA

Faqih Muqoddam Alchudhory, NIM.: 18102030058 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI SIBAKUL JOGJA OLEH DINAS KOPERASI DAN UKM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI SIBAKUL JOGJA OLEH DINAS KOPERASI DAN UKM YOGYAKARTA)
18102030058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI SIBAKUL JOGJA OLEH DINAS KOPERASI DAN UKM YOGYAKARTA)
18102030058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia berdampak serius pada semua sektor, terutama sektor ekonomi. Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Jogja Economic Resilience for Covid-19 (Jercovid) melakukan survei terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY yang terkena pandemi Covid-19. Dikatakan, sejak pertengahan Maret hingga Juni 2020, pendapatan UMKM turun dari Rp19,3 miliar menjadi Rp3 miliar, atau turun 80 persen. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Koperasi dan UKM menghadirkan transformasi digital yaitu SiBakul Jogja sebagai upaya pengembangan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui SiBakul Jogja serta bagaimana hasil dalam proses pengembangan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui SiBakul Jogja. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui SiBakul Jogja dilaksanakan dalam 4 tahapan, strategi ini sesuai dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY sebagai salah satu lembaga daerah yang mengembangankan pelaku usaha, yaitu strategi pengembangan fisik/lokalitas, strategi pengembangan dunia usaha, strategi pengembangan sumber daya manusia, dan strategi pengembangan ekonomi masyarakat. Seperti pelatihan, pelayanan, pendampingan, konsultasi, permodalan, memperluas pasar UMKM, mendorong inovasi pelayanan publik daerah hingga integrasi dengan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui SiBakul Jogja memberikan hasil yang berdampak langsung kepada pelaku usaha. Hasil yang dirasakan seperti berkembangnya sumber daya manusia, berkembanganya usaha peningkatan pendapatan, meningkatkan kepedulian masyarakat, meningkatnya kemandirian kelompok dan meningkatnya kapasitas masyarakat dan pemerataan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rahadiyand Aditya, M
Uncontrolled Keywords: SiBakul Jogja, Pengembangan UMKM, Pengembangan Masyarakat
Subjects: Ekonomi > Koperasi
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:45
Last Modified: 27 Jan 2023 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum