MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA WISATA RELIGI MAKAM HABIB ALI BIN UMAR BAFAQIH DI JEMBRANA, BALI TAHUN 2021

M. Faiz Ali Hidayat, NIM.: 18102040040 (2022) MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA WISATA RELIGI MAKAM HABIB ALI BIN UMAR BAFAQIH DI JEMBRANA, BALI TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA WISATA RELIGI MAKAM HABIB ALI BIN UMAR BAFAQIH DI JEMBRANA, BALI TAHUN 2021)
18102040040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA WISATA RELIGI MAKAM HABIB ALI BIN UMAR BAFAQIH DI JEMBRANA, BALI TAHUN 2021)
18102040040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih berdasarkan hasil observasi peneliti, terdapat kesulitan wisatawan dalam membedakan antara pengelola dan masyarakat sekitar dikarenakan penampilan antara keduanya sama, jumlah wisatawan yang datang setiap tahun berdasarkan data yang diperoleh peneliti sejumlah 4.800 wisatawan yang mengunjungi wisata religi Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih, maka dari itu perlunya manajemen pelayanan prima di lokasi wisata religi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan prima Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pelayanan prima yang diberikan oleh pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih belum optimal karena belum sesuai dengan teori manajemen pelayanan. Pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih tidak memenuhi salah satu konsep manajemen pelayanan yaitu tentang penampilan (appearance) yang belum diterapkan secara maksimal secara penampilan fisik, walaupun pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih telah menerapkan konsep lain seperti kemampuan (ability), sikap (attitude), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan Prima, Wisatawan, Wisata Religi
Subjects: Industri Pariwisata
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:53
Last Modified: 27 Jan 2023 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum