BUDAYA ORGANISASI DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) LEMBAGA PENDIDIKAN TILAWATIL QUR'AN (LPTQ) NASIONAL TEAM TADARUS ANGKATAN MUDA MASJID DAN MUSHOLA (AMM) YOGYAKARTA

Muhamad Afham, NIM.: 18102040071 (2022) BUDAYA ORGANISASI DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) LEMBAGA PENDIDIKAN TILAWATIL QUR'AN (LPTQ) NASIONAL TEAM TADARUS ANGKATAN MUDA MASJID DAN MUSHOLA (AMM) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUDAYA ORGANISASI DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) LEMBAGA PENDIDIKAN TILAWATIL QUR'AN (LPTQ) NASIONAL TEAM TADARUS ANGKATAN MUDA MASJID DAN MUSHOLA (AMM) YOGYAKARTA)
18102040071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BUDAYA ORGANISASI DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) LEMBAGA PENDIDIKAN TILAWATIL QUR'AN (LPTQ) NASIONAL TEAM TADARUS ANGKATAN MUDA MASJID DAN MUSHOLA (AMM) YOGYAKARTA)
18102040071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah budaya organisasi merupakan karakteristik sebuah organisasi yang membentuk diri setiap orang, karena budaya merupakan suatu pedoman yang terdiri atas artefak, nilai-nilai atau norma-norma, dan asumsi dasar. Budaya organisasi seringkali tercermin dalam perilaku setiap karyawan di tempat kerja. Balai Litbang LPTQ Nasional Yayasan Team Tadarus AMM Yogyakarta sebagai lembaga dakwah yang bergerak dalam bidang pelatihan, pendidikan, dan juga penjualan telah memiliki suatu pola sikap dan perilaku kelembagaan yang tertanam di lingkup aktivisnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan teknik kumpul data berupa wawancara, survei, observasi dan studi literatur. Metode analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis konten dari hasil wawancara dengan pembina, ketua, dan juga karyawan Balai Litbang LPTQ Nasional Yayasan Team Tadarus AMM Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji credibility dengan menggunakan pendekatan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa budaya organisasi pada Balai Litbang LPTQ Nasional Yayasan Team Tadarus AMM Yogyakarta berjalan dengan baik karena memenuhi dan benar-benar menerapkan tiga level budaya seperti artefak, nilai-nilai, dan asumsi dasar. Artefak diterapkan dengan adanya manifestasi fisik berupa logo, gaya bangunan yang desain dengan halaman luas dan nyaman, manifestasi perilaku berupa ritual dengan lebih mendalami keagamaan Islam dengan bertadarus sebelum melakukan kegiatan, komunikasi dengan menjangkau seluruh elemen baik karyawan maupun tamu dan customer. Selanjutnya yaitu nilai-nilai yang tercermin dalam AKHLAK AMM (Amanah, Ke-ikhlasan, Harmoni dalam semangat silaturahmi, Layanan, Kesadaran Brand, Andal & Proporsional, Militan, dan Musyawarah). Terakhir yaitu asumsi dasar yaitu berupa keyakinan, hubungan antar manusia, dan kebenaran untuk bertindak, dan membuat para aktivis memahami bagaimana mereka melihat budaya organisasi di Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Early Maghfiroh I, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Lembaga AMM Yogyakarta, Tadarus
Subjects: Komunikasi Budaya
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 10:02
Last Modified: 27 Jan 2023 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum