SISTEM REKRUTMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEPENGURUSAN DAERAH IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) KABUPATEN SLEMAN MASA BAKTI 2020-2025

Abdul Rozaq, NIM.: 18102040077 (2023) SISTEM REKRUTMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEPENGURUSAN DAERAH IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) KABUPATEN SLEMAN MASA BAKTI 2020-2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM REKRUTMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEPENGURUSAN DAERAH IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) KABUPATEN SLEMAN MASA BAKTI 2020-2025)
18102040077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM REKRUTMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEPENGURUSAN DAERAH IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) KABUPATEN SLEMAN MASA BAKTI 2020-2025)
18102040077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Alasan penelitian ini dilakukan adalah bagaimana kebijakan rekrutmen SDM dalam menghadapi perubahan dan perkembangan organisasi dari waktu kewaktu dan juga merespon SDM di PD IPHI Kabupaten Sleman yang terdiri dari berbagai latar belakang organisasi masyarakat, ekonomi, faham keagamaan, pendidikan dan pekerjaan serta profesi. Rekrutmen SDM merupakan kunci sukses dan gagalnya dalam sebuah kepengurusan organisasi di masa kini dan masa mendatang. Rekrutmen kepengurusan terjadi setelah pergantian dari kepengurusan organisasi lama ke kepengurusan organisasi yang baru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem rekrutmen SDM kepengurusan di IPHI Kabupaten Sleman masa bakti 2020-2025. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem rekrutmen SDM yang di terapkan dalam organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji kebsahan data menggunakan triangulasi sumber data data triangulasi sumber metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem rekrutmen SDM yang diterapkan di PD IPHI Kabupaten Sleman sudah terlaksana dengan baik dan dapat dipertimbangkan bahwasanya pelaksanaan rekrutmen menggunakan prosedur serta regulasi yang menjadi acuan untuk rekrutmen yang sudah disebutkan di Anggaran Rumah Tangga IPHI pasal 35 ayat 8. Kualifikasi SDM sudah di atur dalam peraturan tata tertib musawarah daerah IPHI kabupaten Sleman tahun 2020 bab X ayat 2 tentang tata cara pemilihan ketua dan formatur. Metode rekrutmen yang digunakan di PD IPHI Kabupaten Sleman yaitu metode internal dan eksternal. kemudian terdapat tim dalam perekrutan SDM yang disebut dengan tim formatur PD IPHI. SDM yang terdiri dari berbagai latar belakang merupakan potensi yang dapat diperdayakan secara optimal untuk mengaktualisasikan diri dalam berkhidmat kepada bangsa dan negara, ikut mengatasi masalah keumatan, ikut mengatasi masalah-masalah sosial dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sistem Rekrutmen, SDM, Organisasi Masyarakat
Subjects: Islam dan Organisasi
Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jan 2023 10:05
Last Modified: 27 Jan 2023 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum