PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI), GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), PEMBIAYAAN BANK SYARIAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA PENDEKATAN MODEL ERROR CORRECTION MODEL (ECM)

Hasim Asngari, NIM.: 18108010052 (2022) PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI), GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), PEMBIAYAAN BANK SYARIAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA PENDEKATAN MODEL ERROR CORRECTION MODEL (ECM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI), GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), PEMBIAYAAN BANK SYARIAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA PENDEKATAN MODEL ERROR CORRECTION MODEL (ECM))
18108010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI), GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), PEMBIAYAAN BANK SYARIAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA PENDEKATAN MODEL ERROR CORRECTION MODEL (ECM))
18108010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu pembahasan yang penting, karena pengangguran adalah sumber masalah dari Sebagian besar masalah perekonomian di suatu negara. Dampak yang dihasilkan oleh masalah pengangguran juga sangat luas bahkan bisa menjadikan kemiskinan. Pemerintah sendiri selalu mencari cara untuk mengatasi masalah pengangguran baik dengan mencari suntikan modal dari luar negeri atau pembiayaan-pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat melalui Lembaga Keuangan agar bisa terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Foreign Direct Investment, Gross Domestic Product, dan Pembiayaan Bank Syariah terhadap Jumlah pengangguran di Indonesia tahun 2006-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Janis data berupa time series. Sampel atau data diperoleh dari website resmi seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), World Bank, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat. Analisis yang digunakan yaitu Error Correction Model (ECM), dan uji Asumsi Klasik. Diolah dengan menggunakan bantuan EViews 10. Dari penelitian tersebut diperolah hasil bahwa variabel Foreign Direct Investment (X1) berpengaruh negatif signifikan pada jangka panjang dan tidak berpengaruh pada jangka pendek terhadap jumlah pengangguran di Indonesia. Variabel Gross Domestic Bruoto (X2) berpengaruh negatif signifikan dalam jangka panjang dan jangka pendek terhadap jumlah pengangguran di Indonesia. Sedangkan variabel Pembiayaan Bank Syariah (X3) berpengaruh positif signifikan dalam jangka panjang dan tidak berpengaruh dalam jangka pendek terhadap jumlah pengangguran di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Taosige Wau, S.E, M.Si.
Uncontrolled Keywords: foreign direct investment; gross domestic product; Islamic Bank financing; unemployment; Error Correction Model (ECM)
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Syariah
Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jan 2023 14:46
Last Modified: 27 Jan 2023 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum