Faisal Syarifudin, - (2022) KLASIFIKASI ARTIKEL-ARTIKEL JURNAL PUSTAKALOKA BERDASARKAN SKEMA JITA. Fihris, 17 (1). pp. 20-37. ISSN 1978-9637
|
Text (KLASIFIKASI ARTIKEL-ARTIKEL JURNAL PUSTAKALOKA BERDASARKAN SKEMA JITA)
KLASIFIKASI ARTIKEL-ARTIKEL JURNAL PUSTAKALOKA BERDASARKAN SKEMA JITA.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1675065497.pdf - Published Version Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi artikel-artikel jurnal Pustakaloka, dan secara spesifik mengetahui kelompok subjek terbesar dan kelompok subjek terkecilnya berdasarkan JITA Classification System of Library and Information Science. Data penelitian terdiri atas 174 artikel dari tahun 2009-2021. Untuk menentukan subjek, dilakukan analisis terhadap judul dan kata kunci. Abstrak dan konten artikel ikut dianalisis jika judul dan kata kunci tidak mampu merefleksikan subjek artikel. Data diberi kode menurut skema JITA, diurutkan dan dihitung hingga menghasilkan kelompok-kelompok subjek. Tiga kelompok terbesar adalah Users, literacy and reading, diikuti Information sources, supports, channels, kemudian Management dan Information technology and library technology. Tiga kelompok terkecil adalah Information use and sociology of information, diikuti Theoretical and general aspects of libraries and information, Housing technologies, dan yang terakhir adalah Publishing and legal issues. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa secara garis besar, artikel-artikel di dalam jurnal Pustakaloka terkonsentrasi pada sebagian level intermediate dan specific yaitu aspek pengguna, fungsi pengarahan dan manajemen, isu pragmatis dan teknis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artikel Jurnal, Pustakaloka, JITA |
Subjects: | Artikel |
Divisions: | Jurnal > 12. Fihris |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 15:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 15:07 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55731 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |