ANALISIS INFOPRENEURSHIP NONPROFIT PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Silvia Dwi Riyanti, - and Tafrikhuddin, - (2022) ANALISIS INFOPRENEURSHIP NONPROFIT PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. In: JEJAK SANG GURU Bunga Rampai Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Idea Press, Yogyakarta, pp. 269-299. ISBN 978-623-484-011-7

[img]
Preview
Text (ANALISIS INFOPRENEURSHIP NONPROFIT PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
ANALISIS INFOPRENEURSHIP NONPROFIT PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1675131680.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik Infopreneurship pada layanan perpustakaan dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat praktik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan karkteristik informan melalui snowball sampling dengan key informan bertindak sebagai perumus informan penelitian. Analisis data dalam penelitian menggunakan teori Miles Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan membercheck, triangulasi tehnik, bahan referensi, perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perpustakaan memiliki sebagian besar dari produk yang dilayanankan berupa koleksi elektronik maupun non elektronik yang berasal dari vendor yang menyediakan barang maupun jasa, bukan produk yang dibuat lembaga secara mandiri. 2) Perpustakaan melakukan kemas ulang informasi sebagai sarana penyebaran informasi yang dimiliki terutama dalam mendukung promosi layanan perpustakaan. 3) Inovasi dan kreativitas didalam pemasaran informasi dilakukan perpustakaan dalam rangka mengembangkan akses layanan dan menjaga stabilitas layanan pada masa pandemi Covid-19. 4) Beragam produk dan jasa dihasilkan dari inovasi dan kreatifitas yang muncul terutama masa pandemi demi mendukung kemudahan akses layanan. 5) Perkembangan teknologi sangat mendukung akan adanya praktik layanan perpustakaan dan perkembangan teknologi terus terjadi di perpustakaan mengikuti trend yang berkembang dan penyesuaian kebutuhan layanan yang ada. 6) Perpustakaan mendukung dalam penemuan pengetahuan baru baik bagi perpustakaan sendiri melalui research untuk meningkatkan layanan yang dimiliki dan juga pengetahuan baru melalui research mahasiswa terutama bagi perpustakaan perguruan tinggi. 7) Perpustakaan telah melakukan perbaikan produk yang di layanan kan baik koleksi tercetak malalui penjilidan, ganti buku pada koleksi yang mengalami tingkat kerusakan cukup parah dan melalui pendigitalisasian koleksi untuk memperpanjang masa koleksi. 8) Pemenuhan permintaan, perpustakaan menyediakan fasilitas untuk melakukan usul buku melalui menu usul buku di website, memenuhi permintaan akses fultext tugas akhir secara online, permintaan surat bebas pustaka, dan permintaan layanan upload karya mandiri. 9) Pendukung layanan perpustakaan muncul dari beragam faktor terutama pada SDM, teknologi, kerjasama. 10) Penghambat layanan perpustakaan dalam pelayanan tidak semua pustakawan memiliki kemampuan yang sama dalam mengelola teknologi yang ada dan tidak semua pustakawan memiliki skill komunikasi yang sama.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Infopreneurship, Pelayanan Perpustakaan
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Buku
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:48
Last Modified: 31 Jan 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum