DETERMINAN KEPUTUSAN MUZAKI MELAKSANAKAN PEMBAYARAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DENGAN ALTRUISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ahmad Afandi, NIM.: 20208012036 (2022) DETERMINAN KEPUTUSAN MUZAKI MELAKSANAKAN PEMBAYARAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DENGAN ALTRUISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN KEPUTUSAN MUZAKI MELAKSANAKAN PEMBAYARAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DENGAN ALTRUISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
20208012036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN KEPUTUSAN MUZAKI MELAKSANAKAN PEMBAYARAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DENGAN ALTRUISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
20208012036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan harta yang wajib diberikan oleh muzaki sesuai peraturan syariah untuk diberikan kepada individu yang memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Keputusan muzaki untuk membayar zakat merupakan kemampuan yang berasal dari perhatian dan adanya kesadaran membayar zakat. Muzaki dapat memilih Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai tempat menyalurkan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan muzaki membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional. Peneliti juga menambahkan variabel altruisme sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 230 responden dengan menggunakan teknik kuesioner yang disebarkan kepada responden muzaki di seluruh Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan bantuan program Warp Partial Least Square Warp PLS 7.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi, religiositas dan transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzaki membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional. Sedangkan preferensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan muzaki membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional. Kemudian variabel persepsi, preferensi, religiositas dan transparansi tidak signifikan berpengaruh terhadap keputusan muzaki membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional melalui altruisme. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak terkait khususnya Badan Amil Zakat Nasional agar tetap meningkatkan dan mempertahankan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan muzaki dalam melaksanakan pembayaran zakat. BAZNAS diharapkan dapat memperhatikan faktor yang menjadi penghambat dalam pengumpulan dana zakat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: religiositas; transparansi; altruisme; membayar Zakat; BAZNAS
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 31 Jan 2023 11:51
Last Modified: 31 Jan 2023 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum