POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WATUPAWON KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN

Winda Thania, NIM.: 18102050044 (2022) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WATUPAWON KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WATUPAWON KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN)
18102050044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA WATUPAWON KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN)
18102050044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi minimnya pengetahuan dan kesadaran orang tua terkait pola asuh terhadap perilaku prososial anak usia dini di Desa Watupawon, dan minimnya perilaku prososial pada anak usia dini di Desa Watupawon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh dan hambatan orang tua terhadap perilaku prososial anak usia dini di Desa Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdapat 5 Keluarga dan 8 anak usia dini. Dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan validasi data menggunakanmenguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap perilaku prososial anak usia dini di Desa Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang menggunakan jenis pola asuh Otoriter dan pola asuh Demokratis. Upaya orang tua dalam penanaman perilaku prososial antara lain dengan menggunakan metode modelling, memberikan pemahaman tentang superordinate identity,dan memberikan penekanan terhadap norma-norma prososial. Hambatan orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap perilaku prososial anak usia dini di Desa Watupawon antara lain dalam bidang sosial ekonomi, latar pendidikan orang tua, kepribadian orang tua, dan jumlah anak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang sangat efektif terhadap perilaku prososial anak usia dini di Desa Watupawon adalah pola asuh Demokratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Anak Usia Dini, Perilaku Prososial
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 11:22
Last Modified: 01 Feb 2023 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum