PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KONDISI PSIKOSOSIAL LANSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MAGERSARI-PAGERJURANG, CANDIBINANGUN, PAKEM, SLEMAN

Jevinsa Febita Sandri, NIM.: 18102050073 (2022) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KONDISI PSIKOSOSIAL LANSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MAGERSARI-PAGERJURANG, CANDIBINANGUN, PAKEM, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KONDISI PSIKOSOSIAL LANSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MAGERSARI-PAGERJURANG, CANDIBINANGUN, PAKEM, SLEMAN)
18102050073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KONDISI PSIKOSOSIAL LANSIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MAGERSARI-PAGERJURANG, CANDIBINANGUN, PAKEM, SLEMAN)
18102050073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa lansia merupakan masa yang rentan, ketika lansia merasa cemas yang berlebihan, maka tubuh akan mengalami kegagalan dalam menghasilkan antibodi untuk melawan virus selama pandemi Covid-19 yang kemungkinan dapat menyebabkan terisolasinya lansia sehingga hal ini dapat menimbulkan masalah psikososial. Masalah psikososial yang tidak diatasi dengan baik maka dapat menimbulkan gangguan keseimbangan (homeostatis) sehingga membawa lansia ke arah kerusakan atau kemerosotan (deteriorisasi) yang progresif, misalnya bingung, panik, depresif, apatif. Lansia merasa lebih aman jika mereka hidup dalam keluarga yang penuh dengan dukungan emosional. Fungsi emosional keluarga merupakan tempat utama anggota keluarga memenuhi kebutuhan psikososialnya sebelum meninggalkan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikososial lansia di masa pandemi Covid-19 dan pengaruh dukungan keluarga terhadap kondisi psikososial lansia pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Magersari-Pagerjurang, Candibinangun, Pakem, Sleman. Jumlah sampel penelitian ini adalah 67 lansia. pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dukungan keluarga diukur menggunakan skala modifikasi yang mengacu pada konstruk teori dukungan keluarga yang dikemukakan oleh House dan skala kondisi psikososial yang menggunakan SRQ-20. Analisa penelitian ini menggunakan uji chi-square dan regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 67 lansia, 65 diantaranya mempunyai kondisi psikososial yang baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai Nagelkerke R Square sebesar 0.322. artinya, dukungan keluarga memberikan pengaruh sebesar 32,2% terhadap kondisi psikososial lansia, sedangkan 67,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain dukungan keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap kondisi psikososial lansia di masa pandemi Covid-19 di Dusun Magersari-Pagerjurang, Candibinangun, Pakem, Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Ulil Absor, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Lansia, Covid-19, Masalah Psikososial, Keluarga
Subjects: Covid-19
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 11:38
Last Modified: 01 Feb 2023 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum