DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI IKAN AIR TAWAR DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN

Muhammad Rezky Ramadhan, NIM.: 18102050075 (2022) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI IKAN AIR TAWAR DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI IKAN AIR TAWAR DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
18102050075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI IKAN AIR TAWAR DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
18102050075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap kesejahteraan petani ikan air tawar yang berlokasi di Dusun Sambilegi Kidul Maguwoharjo Depok Sleman. Pada tahun 2020 dunia digemparkan oleh menyebarnya sebuah penyakit coronavirus. Akibat dari pandemi ini yaitu hampir seluruh sektor terdampak, khususnya sektor perikanan. Pada saat pandemi covid- 19, pendapatan petani budidaya ikan menurun dibandingkan pada saat sebelum pandemi, hal ini mengakibatkan penurunan pendapatan dalam sekali produksi. Penurunan harga jual produk perikanan merupakan salah satu dampak yang paling dirasakan petani ikan akibat dari wabah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif dan negatif yang terjadi pada kesejahteraan petani ikan air tawar saat pandemi Covid- 19 di Dusun Sambilegi Kidul. Penelitian ini berjenis yaitu deskriptif kualitatif, menggunakan teori kesejahteraan menurut Midgley. Informan utama dalam terdiri dari 4 narasumber yaitu para petani ikan air tawar di Dusun Sambilegi Kidul. Sedangkan informan pendukung terdiri dari Istri dari petani ikan dan pengepul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validasi data dengan menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandemi covid-19 berdampak pada kesejahteraan petani ikan air di Dusun Sambilegi Kidul. Dampak yang terjadi yaitu (1) Pada tahun 2020, petani ikan jenis Nila dan Bawal tidak bisa menjual ikan mereka selama beberapa bulan karena tidak adanya oksigen sedangkan petani ikan Lele mengalami penurunan pendapatan hingga 50% karena harga ikan yang turun drastis. Lalu pada tahun 2021, Petani ikan jenis ikan Nila dan Bawal sudah bisa menjual ikan namun harga masih merosot sedangkan petani ikan jenis Lele, harga ikan mereka masih menurun. (2) Biaya pengeluaran rumah tangga mereka bertambah untuk membeli keperluan kesehatan dan pendidikan keluarganya (3) Para petani ikan gampang stress dan jatuh sakit. Namun pada tahun 2021 terdapat dampak positif yaitu mereka terlatih dan memiliki mindset dalam menjaga kesehatan dan selalu waspada hingga saat ini. (4) Petani ikan mengeluhkan pembayaran sekolah saat pandemi covid-19, sekolah anak mereka yang dilakukan secara dari daring, dan diundurnya masuk TK dan PAUD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainuddin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Petani, Petani Ikan Air, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 13:33
Last Modified: 01 Feb 2023 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum