EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT

Khefi Larasati, NIM.: 19102020034 (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT)
19102020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT)
19102020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa usia 10-12 memiliki konsep diri berdasarkan pola yang digariskan orangtua, guru serta lingkungan sekitar. Fase ini bentuk pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap masa depannya, belajar bagi siswa 10-12 tahun merupakan aktivitas yang menjenuhkan, untuk itu siswa membutuhkan dorongan-dorongan. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa salah satu layanan yang diterapkan di SDN 2 Dukuh adalah bimbingan kelompok menggunakan metode ceramah komunikasi satu arah, hasilnya kurang maksimal. Sehingga penulis tertarik untuk menggunakan metode yang berbeda yaitu bimbingan dengan teknik social learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan dengan teknik social learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 2 Dukuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert motivasi belajar siswa, analisis data menggunakan teknik eksperimen one-group pretest posttest dari paired sample T test dengan bantuan program IBM SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dibuktikan dengan adanya perbedaan antara rata-rata hasil pretest 56,05 dengan rata-rata posttest 91,60 dan nilai paired T test sebesar 0,247 dengan signifikansi 0,000 (0,000 < 0,01) sangat signifikan. Dengan begitu menunjukan bahwa bimbingan dengan teknik social learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 2 Dukuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Teknik Social Learning, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 14:31
Last Modified: 01 Feb 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum