PENGARUH RETORIKA DAKWAH KH. MUHTADI NOOR TERHADAP PEMAHAMAN JAMAAH MAJLIS TA’LIM NURUSSALAM DALAM PENANGANAN COVID-19

Khoirina Nur Salamah, NIM.: 20202011004 (2022) PENGARUH RETORIKA DAKWAH KH. MUHTADI NOOR TERHADAP PEMAHAMAN JAMAAH MAJLIS TA’LIM NURUSSALAM DALAM PENANGANAN COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RETORIKA DAKWAH KH. MUHTADI NOOR TERHADAP PEMAHAMAN JAMAAH MAJLIS TA’LIM NURUSSALAM DALAM PENANGANAN COVID-19)
20202011004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RETORIKA DAKWAH KH. MUHTADI NOOR TERHADAP PEMAHAMAN JAMAAH MAJLIS TA’LIM NURUSSALAM DALAM PENANGANAN COVID-19)
20202011004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi alasan pemerintah mensosialisasikan protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas serta memberlakukan pembatasan kuantitas dan kualitas kegiatan masyarakat di berbagai aspek. Hal tersebut tidak berlaku bagi jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam Jetis Blora Jawa Tengah dikarenakan KH. Muhtadi Noor selaku pengasuh majlis memiliki peran penting sebagai panutan utama jamaah. KH. Muhtadi Noor memberikan ceramah dalam bentuk dakwah yang menarik mengenai pandangannya terhadap penanganan Covid-19. Keyakinan jamaah tidak terlepas dari sebuah kemampuan retorika KH. Muhtadi Noor. Penelitian ini menggunakan metode mix method untuk menjawab permasalahan penelitian kuantitatif dengan tujuan mengetahui pengaruh retorika dakwah KH. Muhtadi Noor terhadap pemahaman jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam dalam penanganan Covid-19 yang akan diperkuat dengan data kualitatif mengenai pemahaman jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam terhadap dakwah KH. Muhtadi Noor dalam penanganan Covid-19. Teori yang digunakan adalah retorika Aristoteles yang sesuai dengan teori Ibn Rusyd yaitu ethos (al hikmah), pathos (al mauidzatil hasanah), dan logos (mujadalah al-lathi hiya ahsan). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang dihitung menggunakan Slovin adalah 71 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial ethos (Al hikmah) dan pathos (Al mauidzatil hasanah) dakwah KH. Muhtadi Noor tidak memiliki pengaruh terhadap pemahaman jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam ditandai dengan hasil nilai signifikansi ethos (Al hikmah) 0,089 dan pathos (Al mauidzatil hasanah) 0,329, keduanya adalah lebih besar dari 0,05, namun logos (Mujadalah al-lathi hiya ahsan) dakwah KH. Muhtadi Noor memiliki pengaruh terhadap pemahaman jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam ditandai dengan hasil nilai signifikansi 0,010 yang lebih kecil dari 0,05. Secara simultan ethos (Al hikmah), pathos (Al mauidzatil hasanah), logos (Mujadalah al-lathi hiya ahsan) dakwah KH. Muhtadi Noor memiliki pengaruh terhadap pemahaman jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam ditandai dengan hasil nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan pengaruhnya adalah sebesar 47,4%. Sesuai dengan pemahaman jamaah yang didapat melalui wawancara pengaruh tersebut didominasi oleh ceramah KH. Muhtadi Noor yang logis dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari jamaah Majlis Ta‘lim Nurussalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.si.
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, KH. Muhtadi Noor, Majlis Ta‘lim Nurussalam.
Subjects: Covid-19
DAKWAH ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2023 14:39
Last Modified: 01 Feb 2023 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum