STRATEGI PENGELOLAAN WISATA ALAM MATA AIR SENJOYO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TEGALWATON KABUPATEN SEMARANG

Nova Arinda Rahmawati, NIM.: 17102030044 (2022) STRATEGI PENGELOLAAN WISATA ALAM MATA AIR SENJOYO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TEGALWATON KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGELOLAAN WISATA ALAM MATA AIR SENJOYO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TEGALWATON KABUPATEN SEMARANG)
17102030044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGELOLAAN WISATA ALAM MATA AIR SENJOYO DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA TEGALWATON KABUPATEN SEMARANG)
17102030044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tegalwaton merupakan desa terluas di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang mana mayoritas penduduknya hanya bekerja sebagai buruh tani maupun buruh pabrik, sehingga tingkat perekonomiannya tergolong menengah ke bawah. Oleh karena itu agar perekonomian masyarakat desa dapat meningkat, perlu upaya untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam dan kearifan lokal di wilayah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengelola Wisata Alam Mata Air Senjoyo, agar dapat menarik wisatawan dan memberikan peluang atau kesempatan bagi masyarakat desa untuk mencari penghasilan di kawasan wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi pengelolaan dan dampak penerapan strategi pengelolaan wisata alam mata air senjoyo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan metode interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pengelolaan wisata alam mata air senjoyo yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tegalwaton melalui empat langkah yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan. Kemudian adanya strategi pengelolaan wisata alam mata air senjoyo memberikan hasil yang berdampak pada perekonomian masyarakat desa, meliputi efek langsung (hasil yang diterima secara langsung), efek tidak langsung (hasil yang diterima tidak secara langsung melainkan melalui membeli bahan baku dari UMKM lain) dan efek lanjutan (hasil yang diterima secara langsung maupun tidak langsung serta memberikan pelayanan yang lebih baik). Kemudian adanya tiga efek tersebut selain menciptakan lapangan pekerjaan dan kesempatan usaha, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tegalwaton Kabupaten Semarang, yang semula pendapatannya sebesar Rp 300.000,- dapat meningkat hingga Rp 1.000.000,- lebih di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Beti Nur Hayati, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan, Wisata Alam, Peningkatan Ekonomi
Subjects: Industri Pariwisata
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Feb 2023 10:54
Last Modified: 02 Feb 2023 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum