KAMPUS SAMPAH STUDI TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH BRAMA MUDA SEBAGAI SENTRA EDUWISATA LINGKUNGAN DI DUSUN DAYAKAN

Rizki Nur Kholiq, NIM.: 15230054 (2022) KAMPUS SAMPAH STUDI TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH BRAMA MUDA SEBAGAI SENTRA EDUWISATA LINGKUNGAN DI DUSUN DAYAKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAMPUS SAMPAH STUDI TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH BRAMA MUDA SEBAGAI SENTRA EDUWISATA LINGKUNGAN DI DUSUN DAYAKAN)
15230054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KAMPUS SAMPAH STUDI TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH BRAMA MUDA SEBAGAI SENTRA EDUWISATA LINGKUNGAN DI DUSUN DAYAKAN)
15230054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rizki Nur Kholiq, Studi tempat pengelolaan sampah brama muda sebagai sentra eduwisata lingkungan di dusun dayakan. Dalam beberapa tahun terakhir ini sampah menjadi masalah serius yang perlu penanganan serius. Berbagai masalah serius yang muncul akibat banyaknya sampah yang menumpuk diantaranya, menurunya kualitas air bersih dan meningkatnya polusi udara. Manusia sebagai produsen sampah dinilai sebagai salah satu hal yang perlu untuk diperbaiki. Kurangya kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah yang baik dan benar menjadi poin penting yang harus dibenahi. Program wisata edukasi menjadi salah satu bentuk upaya penyadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah. Program ini merupakan salah satu inisiatif dari kelompok swadaya masyarakat TPS3R Brama Muda. Dengan adanya program wisata edukasi lingkungan ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menangani permasalahan yang timbul dari dunia persampahan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif dengan paparan hasilpenelitian yang bersifat deskriptif. Subyek dari penelitian ini merupakan orang-orang yang dinilai terlibat langsung dalam program wisata edukasi. Pengelola dan karyawan TPS3R Brama Muda menjadi subyek utama dalam penelitian ini. Warga masyarakat sebagai penerima manfaat dari program wisata juga menjadi subyek penelitian ini. Teknik validasi data yang digunakan peneliti berupa perpanjangan keikutsertaan, karena peneliti terlibat langsung dalam obyek penelitian yang diteliti. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa rincian program wisata edukasi yang dilakukanoleh TPS3R Brama Muda. Program tersebut dimulai dari tahap persiapan yang berisi pelatihan public speaking, pelatihan menjadi fasilitator dan persiapan lokasi program wisata edukasi. Ururtan pelaksanaan program dimulai dari penerimaan peserta yang dilanjutkan penyampaian materi tentang pengelolaan sampah yang dilakukan oleh TPS3R Brama Muda. Tahap selanjutnya dalam progam wisata edukasi adalah berkunjung ke lokasi kerja TPS3R Brama Muda untuk melihat secara langsung proses pengelolaan yang dilakukan. Mini game pemilahan sampah menjadi menu khusus untuuk peserta jenjang sekolah dasar. Dalam aspek penyadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah, program wisata edukasi ini sudah mulai memnunculkan perubahan perilaku masyarakat tentang pengelolaan sampah disekitar TPS3R Brama Muda. Prubahan tersebut berupa, berkurangnya tumpukan sampah ditempat umum, bebrapa warga sudah mulai melakukan pengelolaan sampah mulai dari tingkat rumah tangga dan berkurangnya warga masyarakat yang membakar sampah secara sembarangan. Selain itu manfaat lain dari adanya program wisata edukasi lingkungan yang dilakukan oleh TPS3R Brama Muda adalah munculnya gagasan untuk mendirikan wesata desa di dusun Dayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: wisata edukasi; pengelolaan sampah; TPS3R;
Subjects: Lingkungan
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Feb 2023 09:39
Last Modified: 03 Feb 2023 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum