RETORIKA DAKWAH SYEKH ALI JABER DALAM VIDEO UNGGAHAN YOUTUBE CHANNEL YAYASAN SYEKH ALI JABER EDISI “BERSYUKUR ATAS NIKMAT UMUR”

Mochamad Reforaldo Kingardhi Jaya Susanto Moklis, NIM.: 17102010037 (2022) RETORIKA DAKWAH SYEKH ALI JABER DALAM VIDEO UNGGAHAN YOUTUBE CHANNEL YAYASAN SYEKH ALI JABER EDISI “BERSYUKUR ATAS NIKMAT UMUR”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RETORIKA DAKWAH SYEKH ALI JABER DALAM VIDEO UNGGAHAN YOUTUBE CHANNEL YAYASAN SYEKH ALI JABER EDISI “BERSYUKUR ATAS NIKMAT UMUR”)
17102010037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RETORIKA DAKWAH SYEKH ALI JABER DALAM VIDEO UNGGAHAN YOUTUBE CHANNEL YAYASAN SYEKH ALI JABER EDISI “BERSYUKUR ATAS NIKMAT UMUR”)
17102010037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai seni dalam berbicara, retorika memiliki peran yang penting dalam kegiatan berdakwah. Khususnya bagi pendakwah yang menggunakan metode lisan sebagai sarana dakwahnya. Hal ini dikarenakan retorika memiliki peran agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima serta dipahami oleh pendengar. Terdapat banyak cara untuk mempelajari retorika, salah satunya adalah dengan cara meniru orang-orang yang sudah profesional di bidang retorika. Contohnya adalah Syekh Ali Jaber, seorang ulama kelahiran Madinah yang memilih untuk menjadi seorang WNI. Dalam hitungan beberapa tahun, Syekh Ali sudah mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat Indonesia. Tentu banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Akan tetapi pada penelitian ini, peneliti mengkhususkan pada kaidah retorika yang Syekh Ali Jaber gunakan. Peneliti bermaksud untuk membedah kaidah retorika yang digunakan oleh Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya pada sebuah video di Youtube berjudul “Bersyukur Atas Nikmat Umur.” Penelitian ini merupakan sebuah penelitian berbentuk studi kasus deskriptif, dengan metode pengumpulan data dokumentasi serta library reseach. Adapun pisau analisis yang peneliti gunakan adalah kaidah-kaidah retorika yang meliputi susunan pesan, penggunaan bahasa, bentuk persuasi, serta gestur atau sikap tubuh. Setelah melakukan analisis, peneliti menemukan kesimpulan bahwa dalam sebuah video berjudul “Bersyukur Atas Nikmat Umur” di Youtube, Syekh Ali Jaber telah menggunakan kaidah retorika dengan baik. Adapun kaidah retorika yang Syekh Ali gunakan dari segi susunan pesan adalah komposisi pesan (kesatuan, pertautan, dan titik berat), kemudian dari segi penggunaan bahasa yaitu gaya bahasa dakwah (taklim dan tarbiyah, tadzkir dan tanbih, targhib dan tabsyir, tarhib dan inzar, qashash dan riwayah, serta amar dan nahi), pengembangan bahasan (penjelasan, contoh, analogi, testimoni, dan pengulangan), langgam (agama, konservatif diktatif, sentimental, dan teater), kemudian dari segi bentuk persuasi (rasional, semosional, takut, dan ganjaran), dari segi gestur atau sikap tubuh, peneliti menemukan adanya perpaduan antara (ekpresi wajah, gerak badan, kontak mata, serta gerak tangan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mukhammad Sahlan, M. Si
Uncontrolled Keywords: retorika; dakwah; Syekh Ali Jaber
Subjects: Dakwah > Metode Dakwah > Media Dakwah
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Feb 2023 14:22
Last Modified: 03 Feb 2023 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum