PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN STABILITAS POLITIK TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDY KASUS: NEGARA-NEGARA OKI)

Izzatu Dzihny, NIM.: 19208010044 (2022) PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN STABILITAS POLITIK TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDY KASUS: NEGARA-NEGARA OKI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN STABILITAS POLITIK TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDY KASUS: NEGARA-NEGARA OKI))
19208010044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN STABILITAS POLITIK TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDY KASUS: NEGARA-NEGARA OKI))
19208010044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Indeks pembangunan manusia merupakan indikator yang digunakan PBB untuk mengukur kesejahteraan dan mengklasifikasi negara-negara di dunia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap indeks pembangunan manusia pada negara-negara anggota OKI periode 2011-2020 dengan stabilitas politik sebagai variabel moderasi. Teknik analisis yang digunakan adalah panel dinamis GMM (Generalized Method Moment). Sedangkan MRA (Moderated Regresion Analysis) digunakan untuk mengetahui jenis moderasi yang terpilih. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa inflasi dan pengangangguran tidak berpengaruh terhadap IPM, sedangkan keterbukaan perdagangan berpengaruh positif signifikan terhadap IPM dan investasi asing langsung berpengaruh negatif signifikan terhadap IPM. Stabilitas politik hanya dapat memoderasi pengaruh pengangguran terhadap IPM yang termasuk dalam Quasi Moderator (moderasi semu). Penelitian ini berimplikasi pentingnya kerjasama antar negara OKI dalam berbagai bidang terutama dalam peningkatan perdagangan, investasi dan penciptaan lapangan kerja guna mendukung pertumbuhan pembangunan manusia negara-negara OKI sehingga tercipta kesejahteraan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: IPM, Inflasi, Pengangguran, Keterbukaan Perdagangan, Investasi Asing Langsung, Stabilitas Politik
Subjects: Ekonomi Syariah
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Feb 2023 13:49
Last Modified: 03 Feb 2023 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum