STRATEGI MANAJEMEN PELATIHAN TIM PETUGAS HAJI INDONESIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Daelami Abdullah Saepudin, NIM.: 17102040009 (2022) STRATEGI MANAJEMEN PELATIHAN TIM PETUGAS HAJI INDONESIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN PELATIHAN TIM PETUGAS HAJI INDONESIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MANAJEMEN PELATIHAN TIM PETUGAS HAJI INDONESIA DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kementerian Agama sebagai penyelenggara formal ibadah Haji menjadi sasaran kritik yang berkembang di tengah masyarakat. Kritik tersebut mempertanyakan kualitas sarana dan prasarana yang diterima oleh jemaah ketika prosesi ibadah berlangsung. Salah satu kritikan yang sering terdengar adalah rendahnya kedisiplinan dan profesionalisme pengelola, termasuk dalam hal ini adalah petugas Haji. Salah satu upaya untuk menanggulangi terjadinya kesalahan yang berulang tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan DIY melaksanakan Pelatihan Terintegrasi Petugas Haji pada tahun 2020. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan Petugas Haji yang mempunyai Integritas, loyalitas, dan inovatif dalam mengembankan tugasnya. Hal tersebut melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pola serta implementasi Strategi Manajemen Pelatihan Tim Petugas Haji Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalah strategi manajemen pelatihan Tim Petugas Haji Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan subjek penelitiannya meliputi Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, dan Panitia Penyelenggara Pembekalan/Pelatihan Petugas Haji Terintegrasi di Asrama Haji Donohudan tahun 2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi manajemen pelatihan TPHI di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020 adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia berbasis Rencana Strategis yang disusun oleh ditjen PHU 2020-2024. Peningkatan kualitas dimulai dengan pemanfaat fasilitas terbarukan seperti CAT dalam skema perekrutan calon peserta. Pada tahap selanjutnya peserta pelatihan mengikuti program selama 10 hari di Asrama Haji Donohudan. Peserta ditempa untuk memiliki kemampuan leadership dan manajerial dalam pengelolaan jemaah Haji melalui ragam visualisasi materi, diskusi, dan simulasi. Itu semua telah terlihat diterapkannya unsur strategi manajemen dalam pelaksanaannya agar mendapatkan kualitas pelatihan calon petugas Haji yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, S.Pd.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI); strategi manajemen; Pelatihan Petugas Haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Feb 2023 11:00
Last Modified: 03 Feb 2023 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum