HUBUNGAN ANTARA KETENANGAN JIWA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA

L. Fina Mahzuni Azki Sururi, NIM.: 18102020040 (2022) HUBUNGAN ANTARA KETENANGAN JIWA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KETENANGAN JIWA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA)
18102020040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KETENANGAN JIWA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA)
18102020040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menjadi santri yang juga berperan sebagai mahasiswa tidaklah mudah. Santri memiliki kegiatan non formal di pondok pesantren, mahasiswa memiliki kegiatan formal dan juga kegiatan seperti organisasi di dalam kampus, organisasi daerah maupun sebagai guru privat les, mengaji TPQ dan sebagainya. Kegiatan tersebut dapat menjadi stresor yang memicu munculnya gejala-gejala gangguan mental yang mempengaruhi kesejahteraan psikologisnya. Namun pada kenyataannya santri di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo memiliki kesejahteraan psikologis yang baik terlihat dari perilaku sehari-hari seperti mudah berkomunikasi dengan orang lain, mudah bergaul dengan orang lain, bahagia dan mudah tersenyum. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan pada santri pondok pesantren yang menghasilkan nilai sebanyak 76,5% dari santri Ulul Albab Balirejo memiliki kesejahteraan psikologis yang tinggi. Pondok pesantren Ulul Albab memiliki beberapa kegiatan salah satunya pembacaan dzikir Ratib Alaydrus yang bertujuan untuk meningkatkan ketenangan jiwa santri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketenangan jiwa dan kesejahteraan psikologis pada santri pondok pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasinal. Pada penelitian ini melibatkan sebanyak 85 sampel dari 109 santri yang diambil dengan teknik simple random sampling. Setelah melakukan pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan bantuan IBM SPSS 22.0 for Windows. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara ketenangan jiwa dengan kesejahteraan psikologis pada santri pondok pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta dengan nilai p (sig) = 0, 000 < 0,01 dan koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,720. Selain itu, kedua variabel memiliki hubungan positif, berarti semakin tinggi tingkat ketenangan jiwa maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan psikologis pada santri pondok pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Fitriyani Hardi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: santri; ketenangan jiwa; kesejahteraan psikologis; Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Feb 2023 09:03
Last Modified: 06 Feb 2023 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum