Meningkatkan Literasi Warga melalui Taman Bacaan Masyarakat - Eksplorasi pengalaman KKN UIN Sunan Kalijaga di Dusun Mojosari-Umbulsari, Kelurahan Srimartani, Piyungan, Bantul

Musa, - (2022) Meningkatkan Literasi Warga melalui Taman Bacaan Masyarakat - Eksplorasi pengalaman KKN UIN Sunan Kalijaga di Dusun Mojosari-Umbulsari, Kelurahan Srimartani, Piyungan, Bantul. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Meningkatkan Literasi Warga melalui Taman Bacaan Masyarakat - Eksplorasi pengalaman KKN UIN Sunan Kalijaga di Dusun Mojosari-Umbulsari, Kelurahan Srimartani, Piyungan, Bantul)
Meningkatkan Literasi Warga melalui Taman Bacaan Masyarakat - Eksplorasi pengalaman KKN UIN Sunan Kalijaga di Dusun Mojosari-Umbulsari,.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1675735061.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Laporan penelitian ini memuat pengalaman mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Kelompok 73 Angkatan ke-105 saat melaksanakan KKN di RT 04, Dusun Mojosari-Umbulsari, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui eksplorasi pengalaman ini, direfleksikan kembali langkah-langkah realisasi kerja KKN yang menurut hemat peneliti (selaku DPL) telah dilaksanakan dengan tepat karena adanya kesesuaian antara penyusunan program kerja (proker) dengan situasi/kondisi aktual yang dihadapi masyarakat saat KKN dilakukan. Dua isu penting yang diangkat dalam penelitian ini adalah, pertama tentang persoalan peningkatan literasi warga khususnya bagi anak-anak usia sekolah dasar yang berdomisili di Dusun Mojosari. Kedua, adanya soliditas kelompok KKN (faktor internal) serta dukungan stake holders (faktor eksternal) yang membantu suksesnya implementasi program kerja yang dicanangkan. Isu-isu yang diangkat dalam penelitian ini berkelindan secara signifikan di tengah situasi gawat-darurat praksis pendidikan dan pengajaran di masyarakat lokal akibat adanya kebijakan pembatasan sosial (social distancing) dan larangan bersekolah secara luring yang diberlakukan oleh Pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang berskala pandemik saat itu. Dengan mengambil pengalaman KKN Kelompok 73 Angkatan 105 sebagai contoh kasus, diharapkan laporan penelitian ini dapat menjadi dokumen rujukan untuk pelaksanaan KKN yang semakin baik di masa-masa yang akan datang, selaras dengan visi integrasi-interkoneksi keilmuan dan kemasyarakatan yang diemban UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mojosari, KKN, literasi warga, Taman Bacaan Masyarakat
Subjects: Literasi Informasi
Perpustakaan > TBM - Taman Bacaan Masyarakat
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 07 Feb 2023 09:06
Last Modified: 07 Feb 2023 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum