PEREMPUAN DI TENGAH BELENGGU BUDAYA PATRIARKI (ANALISIS NARATIF KETIDAKSETARAAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN PADA FILM YUNI)

Sri Umami, NIM.: 18102010074 (2022) PEREMPUAN DI TENGAH BELENGGU BUDAYA PATRIARKI (ANALISIS NARATIF KETIDAKSETARAAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN PADA FILM YUNI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN DI TENGAH BELENGGU BUDAYA PATRIARKI (ANALISIS NARATIF KETIDAKSETARAAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN PADA FILM YUNI))
18102010074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN DI TENGAH BELENGGU BUDAYA PATRIARKI (ANALISIS NARATIF KETIDAKSETARAAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN PADA FILM YUNI))
18102010074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kajian tentang perempuan merupakan kajian yang masih cukup ramai diperbincangkan seolah tak ada habisnya. Kajian ini seringkali dibarengi dengan topik mengenai patriarki dan gender. Sadar atau tidak, patriarki telah hidup mengelilingi kehidupan masyarakat dan memberi andil yang cukup besar atas problematika ketidaksetaraan gender terhadap perempuan, di mana keduanya telah melewati sejarah panjang dalam kehidupan manusia. Ketidaksetaraan gender adalah hasil konstruksi sosial atas gender yang melahirkan perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan. Sumber data dalam penelitian kualitatif ini adalah film Yuni karya Kamila Andini. Film merupakan salah satu media massa yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat tanpa terbatas ruang dan waktu. Film Yuni mengambil latar belakang budaya yang masih lestari di tengah masyarakat, melalui narasi dalam film Yuni ini masih setia mengangkat unsur patriaki, mitos, dan citra perempuan yang diyakini oleh masyarakat. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi ketidaksetaraan gender terhadap perempuan di tengah belenggu budaya patriarki pada film Yuni berdasarkan Analisis naratif model Tzvetan Todorov. Analisis naratif Tzvetan Todorov yang menganggap bahwa narasi memiliki urutan kronologis yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu alur awal, alur tengah, dan alur akhir. Hasil penelitian ini berupa narasi mengenai budaya patriarki, narasi mengenai kesulitan perempuan menghadapi kuatnya ideologi atas gender yang telah dibangun dan diyakini oleh masyarakat, dan narasi ketidaksetaraan gender yang dialami oleh perempuan dalam film Yuni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: perempuan; gender; analisis Naratif Tzvetan Todorov; film
Subjects: Media massa > Film
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2023 09:17
Last Modified: 07 Feb 2023 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum