BIMBINGAN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL

Melania Dzuriyatan Toyyibah, NIM.: 18102020054 (2022) BIMBINGAN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL)
18102020054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL)
18102020054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya self confidence pada diri santri dalam memaparkan berbagai ide-ide atau gagasan dalam bentuk pidato didepan khalayak ramai hal tersebut terbukti bahwa ketika kegiatan muhadharah dilaksanakan para santri demam panggung dan ketika santri mendapat tugas seringkali beralasan sakit untuk menghindari tugas yang diberikan yaitu pidato didepan publik. Hal berbeda terlihat pada santri yang tergabung dalam ekstrakulikuler klub bahasa dimana santri disini memiliki self confidence yang lebih dibanding santri lainnya hal tersebut terbukti dengan kualitas santri dalam pelaksanaan tugas pidato yang diberikan yang mana santri yang tergabung dalam ekstrakurikuler klub bahasa menjalankan tugas pidato dengan lebih bertanggung jawab. Karena hal tersebut penulis membuat rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana langkah-langkah latihan berbicara di depan publik santri putra Pondok Pesantren Darul Amanah dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskirpsikan bagaimana langkah-langkah latihan berbicara di depan publik santri putra Pondok Pesantren Darul Amanah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal mulai dari bulan Desember 2021- Mei 2022. Informan penelitian ini adalah ustadz pengasuhan, ustadz Pembina bahasa, ustadz Pembina ekstrakulikuler klub bahasa dan santri anggota club bahasa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan/verifikasi kesimpulan, kemudian untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah latihan berbicara di depan publik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam rangkaian bimbingan muhadharah yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Amanah untuk mengoptimalkan potensi santri serta meningkatkan self confidene santri dalam hal berbicara di depan publik. Langkah-langkah latihan berbicara di depan publik disini terdiri dari yang pertama yaitu langkah persiapan, langkah penyampaian dan langkah evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: self confidence; santri; ekstrakurikukler; bimbingan muhadharah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2023 11:04
Last Modified: 07 Feb 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum