PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADHUS SALIHIN TUMUT SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Dwi Nurfitriana, NIM.: 16430035 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADHUS SALIHIN TUMUT SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADHUS SALIHIN TUMUT SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA)
16430035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADHUS SALIHIN TUMUT SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA)
16430035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi melihat perkembangan kognitif peserta didik di RA Riyadhus Salihin yang belum berkembang dengan baik dan penggunaan media pembelajaran yang masih jarang menggunakan design dengan warna yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku pintar calistung untuk meningkatkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Pengembangan Research and Development (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, tahap perencanaan dan pengembangan media pembelajaran buku pintar calistung mengacu pada 10 langkah Borg and Gall, antara lain: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk, diseminasi dan implementasi. Jenis Penelitian ini adalah penilitian dan pengembangan (R&D) digunakannya jenis penelitian ini untuk mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Buku Pintar Calistung Untuk Meningkatkan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun, untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Buku Pintar Calistung Untuk Meningkatkan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun berdasarkan penilaian dari dosen ahli media, dosen ahli materi, dua pendidik RA Riyadhus Salihin, dan 12 peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran buku pintar calistung berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 50 dari skor maksimal 50 dengan presentase keidealan 100%. Berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 68 dari skor maksimal 75 dengan presentase keidealan 91%. Berdasarkan penilaian user menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 121,2 dari skor maksimal ideal 125 dengan presentase keidealan 97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Buku Pintar Calistung, Kognitif , Anak Usia 5-6 T ahun
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:03
Last Modified: 08 Feb 2023 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum