PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR'AN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs

Durotun Nafisah, NIM.: 16680047 (2022) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR'AN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR'AN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs)
16680047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR'AN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs)
16680047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa handout berbasis integrasi sains dan Al-Qur‟an yang sesuai untuk kelas VIII SMP/MTs pada materi jaringan tumbuhan serta mengetahui kelayakan handout berbasis integrasi sains dan Al-Qur‟an sebagai bahan ajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Produk handout berbasis integrasi sains dan Al-Qur‟an yang dikembangkan divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan dua guru IPA. Produk direspon oleh 54 siswa MTs Ma‟arif 24 menggunakan angket Google form. Teknik pengambilan data melaui angket berupa Google form. Hasil analisis data yang diperoleh berupa data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket dan dikonversi menjadi data kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa handout berbasis integrasi sains dan Al-Qur‟an pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kualitas produk berdasarkan penilaian yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase kelayakan dari ahli media 80.00%, ahli materi 86.00% dan guru IPA 74.00%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan penilaian sangat baik dengan persentase 80,00% Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar mendapatkan penilaian sangat baik dengan persentase 86.00%. Maka diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Integrasi Sains dan Al-Qur'an, Jaringan Tumbuhan
Subjects: Pendidikan Biologi
AGAMA - SAINS - BUDAYA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:32
Last Modified: 08 Feb 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum