MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muh. Al-Ghifari, NIM.: 17104010026 (2022) MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya tontonan yang disajikan dalam dunia perfilman indonesia yang begitu beragam. Zaman sekarang semua orang sudah bisa mengakses berbagai banyak hal, adanya kemajuan teknologi tersebut, berpotensi untuk mengubah pribadi manusia itu sendiri misalnya seperti turunnya akhlak yang dimiliki oleh anak baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyampaikan model penanaman nilai pendidikan agama Islam yang ada dalam sebuah film kartun Nussa. Yakni tentang Model Penanaman Nilai-Nilai dalam Serial Animasi Nussa Episode Compilation Vol.12 dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pendidikan agama Islam dan cara mendidik anak sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reasearch) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode analisis isi. Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan tentang isi dari Model Penanaman Nilai yang terkandung dalam serial animasi Nussa, kemudian relevansinya dalam pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Nilai-nilai yang ditanamkan dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12 yaitu: nilai ahklak di bagi menjadi 2 bagian, yaitu akhlak trpuji dan akhlak tercela: pertama, akhlak terpuji meliputi sabar, syukur, pemaaf, amanah,bijaksana, lembut, kerja keras, tawakal, mandiri, dan berbakti kepada orang tua. Kedua, akhlak tercela meliputi bermain saat beribadah. 2) Model penanaman nilai yang terdapat dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12, dari hasil analisis yang dilakukan 3 model penanaman. Pertama, Model dediktif, penanaman nilai akidah dilakukan dengan dijelaskan dalam adegan “ayo berdzikir”, diarahkan dengan bacaan-bacaan serta dilakukan prakter kemudian diperkuat dengan adanya pernyataan melalui contoh hadist. Kedua, model induktif, penanaman nilai syariat dilakukan dengan adegan dari karakter yang memakai pakaian menutup aurat dalam kesehariannya. Ketiga, model dogmatik, penanaman nilai akhlak dilakukan dengan menyajikan nilai-nilai kebenarana dan kebaikan. 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12 dibagi menjadi dua yaitu pertama, ruang lingkup pendidikan agama Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa kemudian ditelaah melalui 3 aspek yaitu akidah, syariat, dan akhlak. Kedua, dilihat dari segi tujuan pendidikan agama Islam yang ingin dicapai melalui penyempurnaan akhlak manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M. A.
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral, Media Animasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:39
Last Modified: 08 Feb 2023 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum