EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN PENYELENGGARA IBADAH UMRAH (PPIU) PT. ALIF BERKAH AMANAH WISATA (ABA TOUR AND TRAVEL) KOTA SUKABUMI

Irman Maulana, NIM.: 18102040100 (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN PENYELENGGARA IBADAH UMRAH (PPIU) PT. ALIF BERKAH AMANAH WISATA (ABA TOUR AND TRAVEL) KOTA SUKABUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN PENYELENGGARA IBADAH UMRAH (PPIU) PT. ALIF BERKAH AMANAH WISATA (ABA TOUR AND TRAVEL) KOTA SUKABUMI)
18102040100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN PENYELENGGARA IBADAH UMRAH (PPIU) PT. ALIF BERKAH AMANAH WISATA (ABA TOUR AND TRAVEL) KOTA SUKABUMI)
18102040100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 telah membuat penyelenggaraan ibadah umrah dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan diintegrasikan dengan kebiasaan baru. Konsekuensinya, pelaksanaan bimbingan manasik umrah pun mengalami sejumlah pembatasan. Efektivitas bimbingan manasik yang diberikan pihak Travel menjadi poin utama agar jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan perasaan nyaman dan tertib. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui tentang efektivitas bimbingan manasik umrah pada masa pandemi COVID-19 di Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) PT. Alif Berkah Amanah Wisata (ABA Tour and Travel) Kota Sukabumi. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan model kualitatif dengan pendekatan deskriptif. sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah interactive model (Miles dan Huberman) melalui proses data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik umrah pada masa pandemi COVID-19 di Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) PT. Alif Berkah Amanah Wisata (ABA Tour and Travel) Kota Sukabumi telah dilaksanakan dengan baik dan dinilai efektif. Hal ini dapat dilihat dari efektivitas berdasarkan berhasil guna, prosedur kerja yang praktis dan berdasarkan ekonimis. PPIU PT. Alif Berkah Amanah Wisata (Aba Tour and Travel) Kota Sukabumi telah melaksanakan bimbingan manasik dengan baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan yang mengacu kepada Standar Operasional Prosedur (SOP) Kementerian Agama Republik Indonesia sehingga dapat mencapai tujuan yang ditentukan. Kegiatan bimbingan manasik umrah berhasil sampai kepada jemaah, hal ini dapat dilihat dari jemaah yang dapat merasakan kekeluargaan dan dapat mengerti materi yang disampaikan oleh pembimbing sehingga jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Manasik Umrah; Pandemi COVID
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:07
Last Modified: 08 Feb 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum