GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN)

Zidni Nur Rahmawati, NIM.: 17104010081 (2022) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN))
17104010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN))
17104010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada peran guru PAI sebagai agen perubahan yang menjalankan peran transformasionalnya di era masyarakat digital 5.0. Guru PAI menggunakan prinsip pedagogik transformatif dalam menjalankan perannya di era masyarakat digital 5.0. Masyarakat digital 5.0 atau society 5.0 mempunyai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Guru PAI dengan kompetensi yang dimiliki mengacu pada pedagogik transformatif menjalankan perannya sesuai dengan karakteristik masyarakat digital 5.0 untuk menjawab tantangan perubahan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data-data sekunder dari tema. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Guru PAI dalam konsep Transformasional di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Religius, berintegritas, dan berakhlak mulia. (b)Selalu belajar dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan diri baik secara formal maupun informal. (c)Menciptakan lingkungan yang positif dan kolaboratif, baik di dunia fisik maupun dunia maya (digital citizen). (2)Hambatan dan tantangan yang dihadapi guru PAI di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Tidak melek digital. (b) Sarana dan prasarana yang belum merata. (c)Penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti pergaulan bebas, berita hoaks, cyber crime dan cyber bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kunci: Guru PAI, Guru Transformatif, Transformasional, Era Digital, Society 5.0, Sosiologi Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:52
Last Modified: 08 Feb 2023 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum