IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI TERHADAP GURU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA

Nurvianissa, NIM.: 17104010087 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI TERHADAP GURU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI TERHADAP GURU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI TERHADAP GURU MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan deskripsi dari implementasi pendidikan akhlak santri terhadap guru di Pondok Pesantren Al-Falahiyyah Putri Mlangi Sleman Yogyakarta setelah santri mempelajari kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’alim. Dalam kitab tersebut menerangkan ada 12 nilai-nilai pendidikan akhlak santri terhadap guru yang patut untuk diterapkan santri dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkup pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan cara santri mengimplemntasikan nilai-nilai pendidikan akhlak santri teradap guru yang terdapat dalam kitab tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini bahwa santri yang telah mempelajari nilai-nilai pendidikan akhlak santri terhadap guru+ dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’alim, banyak yang paham dan memulai untuk mengimplementasikannya serta membiasakannya di kehidupan sehari-hari dalam lingkup pondok pesantren. Adapun saran dalam penelitian ini dalam pengajaran pendidikan akhlak kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’alim ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pedoman santri dan guru dengan isi serta maksud dalam kitab yang mudah dicerna dan dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’alim.
Subjects: Akhlak - Etika
Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:54
Last Modified: 08 Feb 2023 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum