NILAI – NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM MENCARI HILAL KARYA ISMAIL BASBETH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nilam Prabaningrom, NIM.: 17104010115 (2022) NILAI – NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM MENCARI HILAL KARYA ISMAIL BASBETH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI – NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM MENCARI HILAL KARYA ISMAIL BASBETH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI – NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM MENCARI HILAL KARYA ISMAIL BASBETH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini tentang konflik keagamaan yang terdapat dalam film Mencari Hilal antara umat Kristen dengan masyarakat Islam yang timbul karena kurang adanya komunikasi antara kedua belah pihak yang dipicu oleh oknum masyarakat hingga timbul berbagai tindakan intoleransi di Desa Karangmadu. Film tersebut diproduksi dengan misi dan tujuan untuk menghormati keberagamaan yang ada, juga sebagai kritik sosial masyarakat Indonesia yang mempunyai fungsi edukasi sebagai teladan serta pembelajaran akan nilai-nilai toleransi beragama di dalamnya yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan/ library research dengan menggunakan teknik pengumpulan data analisis Isi/ content analysis. Data primer yang digunakan adalah Film Mencari Hilal serta data sekunder yakni penelitian yang berkaitan dengan penelitian penulis. Analisis data pada penelitian menggunakan teknik analisis menurut Miles & Huberman, yakni meliputi reduksi data, Penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Nilai-nilai toleransi beragama dalam film Mencari Hilal adalah, a) Menghormati dan menghargai antar umat beragama, b) Menjaga adab dan etika antar umat beragama, c) Tetap teguh dalam menjaga keimanan antar umat beragama, d) Memiliki sikap adil dan saling menghormati antar umat beragama. 2) Relevansi nilai-nilai toleransi beragama dalam film Mencari Hilal karya Ismail Basbeth dengan PAI adalah, a) Terdapat tujuan yang selaras dengan Pendidikan Agama Islam yakni dapat mengembangkan sikap akhlakul karimah dan menguatkan rasa keimanan dan takwa peserta didik dengan memiliki sikap menghormati dan menghargai antar umat beragama, menjaga adab dan etika antar umat beragama, teguh menjaga keimanan, adil dan tolong menolong antar umat beragama. b) Memiliki keterkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam yakni akidah, akhlak dan fikih. c) Relevan dengan metode pengajaran Pendidikan Agama Islam yakni dapat dijadikan teladan dan pembelajaran bagi peserta didik untuk mampu mengembangkan keterampilan olah pikir hingga melatih daya analisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Purnami, S. Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:57
Last Modified: 08 Feb 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55954

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum