EKSPERIMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Jepri Yanto, NIM.: 17104020027 (2022) EKSPERIMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode make a match) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode make a match) sebelum dan sesudah treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah Demangan yang terdiri dari 3 kelas (Ibnu Thufail, Al-Battani, dan Ibnu Rusyd). Sedangkan untuk sampel penelitian adalah siswa kelas V Ibnu Thufail sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V Al-Battani sebanyak 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji T dari hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metode make a macth hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji t post test antara kelompok kontrol dan kelompok ekperimen didapatkan nilai sig. 0,046 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan uji T nilai pre test dan post test kelompok eksperimen menghasilkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Setelah diadakan treatment (eksperimen) dengan menggunakan metode make a match dalam pembelajaran bahasa Arab, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode make a match dapat membantu siswa aktif mengikuti pelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Demangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, SS., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Make A Match, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:59
Last Modified: 08 Feb 2023 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum