ANALISIS KESIAPAN PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) TAHUN 2021 DI MIN 1 YOGYAKARTA

Siti Junairiah, NIM.: 17104080008 (2022) ANALISIS KESIAPAN PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) TAHUN 2021 DI MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESIAPAN PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) TAHUN 2021 DI MIN 1 YOGYAKARTA)
17104080008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESIAPAN PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) TAHUN 2021 DI MIN 1 YOGYAKARTA)
17104080008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Kemenag sebagai Lembaga yang menaungi Pendidikan agama berupa satu program berupa Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persiapan AKMI Tahun 2021 di MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber yaitu menggali kebenaran informasi tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda, subjek yang telah ditentukan, yaitu Kepala Madrasah, Guru dan Peserta didik kelas V. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miller and Huberman dan diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa kesiapan madrasah dalam menghadapi AKMI di MIN 1 Yogyakarta sudah siap, baik kesiapan madrasah, kesiapan guru ataupun kesiapan peserta didik dilihat dari hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia . Meskipun dalam proses pelaksanaannya ada kendala-kendala yang dialami dalam menghadapi AKMI, beberapa kendala diantaranya adalah sarana prasarana, jaringan internet, waktu pelaksanaan AKMI yang dirasa terlalu singkat, dan membangkitkan semangat peserta didik dalam literasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati M.Pd, Si
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Madrasah, Asesmen Pembelajaran, Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:13
Last Modified: 08 Feb 2023 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55959

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum