PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI NUMERASI KELAS V SD/MI

Puteri Lestari, NIM.: 17104080065 (2022) PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI NUMERASI KELAS V SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI NUMERASI KELAS V SD/MI)
17104080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI NUMERASI KELAS V SD/MI)
17104080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2021 AKM pertama kali diadakan di Indonesia yang mana memiliki banyak kendala, yaitu pemberitahuan yang mendadak, belum adanya persiapan dari pihak sekolah maupun peserta didik, belum banyak buku latihan soal AKM, dan guru serta peserta didik belum mengetahui bentuk soal AKM sehingga menggunakan pengetahuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dan sumber pembelajaran buku latihan soal AKM literasi numerasi berdasarkan penilaian dari ahli materi, guru, dan teman sejawat (peer reviewer) dan mengetahui respon peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analysis, dessign, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru, dan teman sejawat (peer reviewer) berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likret dan untuk peserta didik menggunakan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist guna mengetahui respon peserta didik. Uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas IV yang sudah mengikuti tes AKM ditahun sebelumnya sebanyak 6 peserta didik. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian baik dari ahli materi, ahli media, guru, teman sejawat (peer reviewer), dan peserta didik dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian, kemudian dipresentase berdasarkan presentase keidealan sehingga diketahui kelayakan media dan sumber pembelajaran. Hasil pengembangan media dan sumber pembelajaran buku latihan soal AKM literasi numerasi kelas V SD/MI berdasarkan penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 37 dengan presentase 82,22% serta termasuk dalam kategori “Sangat Layak", ahli media memperoleh skor 40 dengan presentase 66,67% serta termasuk dalam kategori “Layak”, guru memperoleh skor 85 dengan presentase 94,44% serta termasuk dalam kategori “Sangat Layak", dan teman sejawat (peer reviewer) memperoleh skor 86 dengan presentase 95,56% serta termasuk dalam kategori “Sangat Layak". Respon peserta didik terhadap media dan sumber pembelajaran buku latihan soal AKM literasi numerasi kelas V SD/MI memperoleh penilaian dengan rata-rata presentase skor mencapai 70% dengan kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media dan sumber pembelajaran buku latihan soal AKM literasi numerasi kelas V SD/MI yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media dan sumber pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Numerasi, Buku Latihan
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:16
Last Modified: 08 Feb 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum