PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JIGSAW PUZZLE PADA MATERI KEBERAGAMAN AGAMA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SD/MI KELAS II

Dwi Resrilia, NIM.: 17104080073 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JIGSAW PUZZLE PADA MATERI KEBERAGAMAN AGAMA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SD/MI KELAS II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JIGSAW PUZZLE PADA MATERI KEBERAGAMAN AGAMA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SD/MI KELAS II)
17104080073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JIGSAW PUZZLE PADA MATERI KEBERAGAMAN AGAMA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SD/MI KELAS II)
17104080073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran PPKn dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan tidak menarik dan membosakan. Padahal media pembelajaran menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran siswa akan dapat lebih mudah memahami suatu materi. Anak di jenjang SD/MI cara berpikirnya masih bersifat konkret belum kepada cara berpikir yang bersifat abstrak, khususnya dikelas rendah perlu media pembelajaran seperti jigsaw puzzle yang dapat menggabungkan proses belajar dan bermain sehingga materi yang disampaikan mudah dipahami serta proses pebelajaran tidak membosankan. Pengembangan media pembelajaran dilakukan agar media pembelajaran selalu inovatif sesuai perkembangan zaman yang tentunya juga disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Keberagaman agama sebagai bagian dari materi PPkn perlu ditanamkan sejak dini mengingat Indonesia sebagai Negara yang mempunyai banyak keberagaman. Penanaman sejak dini mengenai keberagaman agama akan menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis jigsaw puzzle pada materi keberagaman agama tema 7 subtema 1 untuk SD/MI kelas II, (2) menguji kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis jigsaw puzzle pada materi keberagaman agama tema 7 subtema 1 untuk SD/MI kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model yang dikembangkan Thiagarajan yang disebut 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (dissemination). Instrumen yang dipergunakan berupa angket skala Likert untuk menilai kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru kelas II SD/MI, dan peer previewer. Sedangkan untuk mengetahui respon peserta didik mengenai media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan instrumen angket skala Guttman. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis jigsaw puzzle pada materi keberagaman agama tema 7 subtema 1 untuk SD/MI kelas II berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan skor 3,28 yang masuk kedalam kriteria sangat layak digunakan, ahli materi mendapatkan skor 3,38 yang masuk kedalam kriteria sangat layak digunakan, ahli bahasa mendapatkan skor 3,33 yang masuk kedalam kriteria sangat layak digunakan, guru kelas II mendapatkan skor 3,36 yang masuk kedalam kriteria sangat layak digunakan, dan 2 peer reviewer mendapatkan skor 3,39 yang masuk kedalam kriteria sangat layak digunakan. Sedangkan untuk respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis jigsaw puzzle ini mendapatkan skor 0,94 yang menujukkan bahwa respon siswa memenuhi kriteria setuju (S) sehingga dapat diterima serta dipergunakan siswa dalam proses pembelajaran dikelas. Dengan begitu berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis jigsaw puzzle pada materi keberagaman agama tema 7 subtema 1 untuk SD/MI kelas II yang dikembangkan sudah memenuhi standar kelayakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk SD/MI kelas II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Puzzle, Keberagaman Agama, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:18
Last Modified: 08 Feb 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum