IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN YATIM DAN DHUAFA MADANIA YOGYAKARTA

M Ridwan, NIM.: 18102040118 (2022) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN YATIM DAN DHUAFA MADANIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN YATIM DAN DHUAFA MADANIA YOGYAKARTA)
18102040118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN YATIM DAN DHUAFA MADANIA YOGYAKARTA)
18102040118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya dan manfaat pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial yang membantu anak-anak yatim dan dhuafa yang tidak mampu menempuh pendidikan karena terhalang ekonomi. Latar belakang santri yang merupakan anak-anak yatim, kurangnya akademis santri serta para pengurus tidak bisa dituntut untuk bekerja secara profesional menjadi penghambat pengembangan sumber daya manusia bagi santri di yayasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Santri di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah santri, pengurus, dan sekretaris di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan Implementasi Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Santri di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Interaktif dari Milles dan Hubberman. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Implementasi Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Santri di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta dilakukan sejak santri masuk ke dalam yayasan. Pelatihan keterampilan dilakukan pada saat santri memasuki jenjang Madrasah Aliyah dengan tujuan agar santri memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Pengembangan dilakukan pada aspek pendidikan formal, pendidikan pesantren dan pendidikan keterampilan dengan menggunakan metode Classroom Methods dan On the Job. Evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Yogyakarta berjalan dengan baik. Namun keterbatasan Sumber Daya Manusia dari jajaran pengurus menjadi masalah yang harus diatasi oleh yayasan agar kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shofi’unnafi, M.M.
Uncontrolled Keywords: dhuafa; yatim; pondok pesantren; psikologis anak
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:12
Last Modified: 08 Feb 2023 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum