DUKUNGAN SOSIAL MELALUI SUPPORT GROUP BAGI ORANG TUA SISWA SLBN 2 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI STRES DAN HAMBATAN PENDAMPINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI

Krisma Narulita Putri, NIM.: 18102050022 (2022) DUKUNGAN SOSIAL MELALUI SUPPORT GROUP BAGI ORANG TUA SISWA SLBN 2 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI STRES DAN HAMBATAN PENDAMPINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN SOSIAL MELALUI SUPPORT GROUP BAGI ORANG TUA SISWA SLBN 2 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI STRES DAN HAMBATAN PENDAMPINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI)
18102050022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN SOSIAL MELALUI SUPPORT GROUP BAGI ORANG TUA SISWA SLBN 2 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI STRES DAN HAMBATAN PENDAMPINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI)
18102050022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19. Memberikan dampak bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Berbagai hambatan dan kendala dirasakan oleh orang tua khususnya ibu, sehingga hal tersebut memunculkan stres dan kelelahan akibat pendampingan belajar di masa pandemi. Kurang nya dukungan sosial terutama dari keluarga terhadap ibu mempengaruhi tingkat rensiliensi dalam menghadapi stres di masa pandemi ini. Support group yang di bentuk peneliti bertujuan untuk meningkatkan dukungan sosial terhadap para ibu dalam menghadapi pendampingan belajar pada anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah action research, dengan subyek orang tua siswa SLBN 2 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui support group dapat meningkatkan dukungan sosial pada orang tua disabilitas dalam mengatasi stres dan kelelahan akibat hambatan yang dihadapi selama pendampingan pembelajaran daring. Dukungan sosial melalui support group dapat dideskripsikan melalui aspek dukungan sosial menurut Seraffino, yakni dukungan secara emosional yang didapat melalui ucapan verbal berupa kata-kata dorongan dan motivasi, dukungan informatif yang didapat dari pertukaran informasi antar anggota kelompok serta sesi psikoedukasi yang diperoleh dari pihak lain di luar kelompok, dan dukungan dari orang lain atau dukungan dari kelompok yang mana pada penelitian ini adalah support group yang dibentuk oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag,. M.Si
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial; support group; stres; hambatan orang tua; pandemi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:22
Last Modified: 08 Feb 2023 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum