EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK

Lusi Marliyanti, NIM.: 17104080068 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK)
17104080068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK)
17104080068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada proses pembelajaran permasalahan yang ditemukan yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA yang dijelaskan oleh pendidik, kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan peserta didik beranggapan materi IPA hanya menghafal saja. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidak dan seberapa besar efektifnya pembelajaran berbasis CTL dalam meningkatkan hasil belajar pada tema organ gerak hewan kelas V di MI AL- Muhsin I Krapyak. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desan penelitian quasi exprimental design. Penelitian ini menggunakan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan populasi peserta didik kelas V MI AL- Muhsin I Krapyak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V A dan kelas V B di MI AL- Muhsin I Krapyak kelas V A berjumlah 20 peserta didik dan kelas V B berjumlah 20 peserta didik. Kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda (multiple choice) dan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang sebelumnya telah divalidasi oleh dua dosen ahli. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data analisis dan terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas dengan melakukan uji N-gain dan menghitung persentase kenaikan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa uji hipotesis dengan Independent Sample T Test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 11:42
Last Modified: 08 Feb 2023 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum