PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA

Zerlinda Firdausya, NIM.: 17106070050 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA)
17106070050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA)
17106070050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Era revolusi 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan penggunaannya sebagai fasilitas tambahan dalam memperlancar proses pembelajaran. Mutu pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara elektronik yang digunakan dalam inovasi pembelajaran. Perangkat lunak (software) dapat digunakan sebagai alat bantu belajar. E-modul hadir sebagai salah satu bahan ajar dalam media elektronik yang dapat diakses dimana dan kapan saja sehingga proses pembelajaran tidak terbatas ruang dan waktu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan articulate storyline berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi laju reaksi dan menganalisis kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tanpa melakukan tahap disseminate. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dosen pembimbing, tiga peer reviewer, satu dosen ahli materi, dan satu dosen ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik kelas XI IPA SMA/MA yang telah mendapatkan materi laju reaksi. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang dikembangkan merupakan e-modul pembelajaran kimia berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi laju reaksi dalam format HTML5. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik termotivasi untuk belajar mandiri dan kreatif dalam proses pembelajaran untuk mencapai penguasaan kompetensi. Produk yang dikembangkan berupa e-modul yang berisi materi laju reaksi dilengkapi kuis dan evaluasi, serta prosedur praktikum. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 96,43% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 78,85% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 95,83% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan hasil respon peserta didik mendapatkan persentase 88,75% dengan kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari. S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, E-Modul Interaktif, POE (Predict-Observe-Explain), Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 11:46
Last Modified: 08 Feb 2023 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum