PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIGALUH

Haniaturizqia, NIM.: 17106080034 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIGALUH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIGALUH)
17106080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIGALUH)
17106080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan rancangan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Sigaluh yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan asymp. sig. sebesar 0,042 < 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann- Whitney untuk posttest siswa dengan nilai asymp. sig. sebesar 0,035 < 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 13:53
Last Modified: 08 Feb 2023 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum